Perketat Pintu Masuk Antara Daerah, Gubernur Sulsel Tinjau Pelabuhan Nusantara Parepare

Pemprov Sulsel Jaga Stok Pangan Selama Masa Pandemi Covid-19

PAREPARE, BERITA-SULSEL.COM – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melakukan peninjauan kesiapan Pelabuhan Nusantara Parepare untuk menerima penumpang dari Nunukan dan Samarinda.

Penumpang dari Nunukan berjumlah 220 orang dengan menaiki kapal Thalia dan akan tiba pukul 4:30 Wita. Sedangkan penumpang dari Samarinda 202 orang dengan menaiki kapal KM. Aditia dan perkiraan tiba pada pukul 19:50 Wita.


Nurdin Abdullah menjelaskan, Covid-19 ini sudah menjadi masalah dunia. Apalagi Covid-19 betul-betul berdampak bagi daarah bahkan negara.

Menurut dia, episentrum penyebaran ada di Kota Makassar. Pemerintah sudah melakukan pemetaan dan ada beberapa langkah yang dilakukan, termasuk isolasi wilayah baik tingkat RT, RW dan Kelurahan.

“Yang kita lakukan sekarang ini bagaimana menjaga pintu-pintu masuk dengan baik. Ini akan muncul masalah baru, kalau tidak dijaga dengan baik. Alhamdulillah sudah ada kebijakan pemerintah untuk itu,” jelasnya, Jumat, 3 April 2020.

Ia berharap, seluruh masyarakat Sulsel mendengar imbauan dan menaati seluruh aturan, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota.

“Mudah-mudahan semua saudara kita mendengarkan peraturan pemerintah. Kalau masuk di Sulsel, harus melakukan isolasi,” harapnya.

Ia menjelaskan, cara terbaik untuk memotong rantai penyebaran Covid-19 yakni melakukan isolasi wilayah dan memperketat seluruh pintu masuk. Termasuk pelabuhan penumpang yang ada di Parepare dan Makassar.

“Kita tidak menutup, tapi semua yang masuk di pelabuhan kita isolasi 14 hari. Kenapa harus melakukan isolasi, supaya masa inkubasinya itu selesai,” tutupnya. (*)

Comment