Waspada Covid-19, Warga Buttu Baru Dirikan Posko Penjagaan di Pintu Masuk Perbatasan

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pencegahan penyebaran Coronavirus Disease semakin diperketat salah satunya dengan penjagaan di pintu masuk jalan Desa Buttu Batu Kecamatan Enrekang mendirikan posko Jaga Satgas tepatnya di Dusun Papi, Sabtu (4/4/2020) kemarin.

Kepala Desa Buttu Batu, Takdir, mengatakan, posko ini didirikan demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid – 19 di Desa Buttu Batu sesuai anjuran pemerintah.


“Ini posko pertama yang kita bentuk sesuai dengan arahan dari pemerintah. Dengan ini tentu kita lebih berhati-hati terhadap penyebaran pandemi covid – 19 ini, maka dari awal sebelum ada kasus kita sudah harus melakukan antisipasi,” ungkapnya saat ditemui di posko Jaga Satgas Covid – 19 Desa Buttu Batu,” ujarnya, Minggu (5/4/2020).

Menurutnya, tugas dan fungsi posko ini yakni mendata dan memeriksa seluruh pengemudi baik roda dua maupun roda empat yang akan memasuki area desa.

“Disini kita melakukan penyemprotan desinfektan serta pengecekan kondisi kesehatan seperti cek suhu tubuh, termasuk yang pulang dari tempat jauh, kemudian nantinya jika ditemukan ada yang kurang sehat maka akan dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri,” paparnya.

Lanjutnya, sejauh ini pihaknya telah melakukan karantina mandiri pada seluruh warga yang baru saja melakukan perjalanan dari tempat jauh seperti kota Makassar dan kota lainnya.

“Jadi benar-benar kita melakukan antisipasi sejak awal termasuk saat ini kami meminta kepada seluruh mahasiswa maupun warga lainnya yang baru saja datang dari kota lain untuk tidak keluar rumah dulu selama 14 hari lamanya,” imbuh Takdir.

Adapun untuk petugas jaga di Posko Balai Desa adalah warga setempat. “Yang berjaga itu masyarakat setempat, kita berikan jadwal piket masing-masing khususnya anak muda untuk bergantian atau shift selama 24 jam,” jelasnya.

Diketahui dana yang digunakan dalam mendirikan posko serta pemenuhan seluruh alat yang dibutuhkan berasal dari Dana Desa.

Comment