Pemkab Bone Beli 125 Paket APD, Dinkes Akui Telah Disalurkan

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Sejak pertengahan Maret lalu, Pemerintah Kabupaten Bone melalui Satgas Covid 19 telah menggelontorkan dana sebanyak Rp1,5 M untuk dibelanjakan guna penanganan wabah virus Corona.

Diantara barang yang rencana dibeli Pemkab saat itu adalah Alat Pelindung Diri (APD) 130 paket, 125 paket untuk tenaga medis dan 5 paket untuk tim Satgas, 260 kotak masker biasa, 84 kotak masker N 95, termometer infrared 75 buah, 1270 disinfektan, 1590 botol hand sanitizer berbagai ukuran, 217 kotak vitamin, serta kebutuhan penting lainnya seperti alkohol, tandom, sarung tangan, dan alat semprot.


Dokter Yusuf mengatakan barang pesanan tersebut sebagian besar sudah diterima oleh Dinas Kesehatan Bone dan telah disalurkan ke 4 Rumah Sakit serta 38 Puskesmas.

“Barangnya sudah disalurkan ke empat rumah sakit, yakni Tenriawaru, Pancaitana, Yasin dan Hapsah, juga ke 38 puskesmas,” ujarnya.

Hal itu dibenarkan oleh Kabid SDK Dinkes, Fajar, bahwa barang yang diterima oleh Dinkes telah tersalurkan namun masih ada beberapa item barang yang belum sampai.

“Ini semua barang sudah disalurkan, 125 paket yang ada di dinkes dibagi semua ke rumah sakit dan puskesmas. Untuk tepatnya  jumlahnya, besok bisa diberikan karena data ada dikantor,” terang Fajar.

Saat ini RS di Bone masih membutuhkan APD dan berharap ada tindak cepat dari pemerintah walau banyak pihak sudah menyatakan siap jadi donatur. Meski belum ada pasien yang positif Covid 19, APD dibutuhkan sebagai bukti kesiapan pihak RS untuk menghadapi situasi terburuk. (eka)


Comment