oleh

Pemudik Asal Malaysia Tiba di  Bone, Jubir Covid-19 Sarankan Berdoa 

-Daerah-786 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Melalui proses penjemputan oleh Satuan Petugas Covid-19 dan Satpol PP Boje, 21 warga Kabupaten Bone tiba dengan selamat di Pelabuhan Pare-Pare dan langsung menuju posko induk, Jalan Jendral Ahmad Yani, Bone, Ahad (17/5/20).

Menurut Jubir Covid-19, Dokter Yusuf, sebelum diperbolehkan masuk ke bone, mereka telah melewati prosedur ketat, mulai dari mendaftar ke perwakilan pemerintah Indonesia di Malaysia kemudian diisolasi selama 2 bulan. Setelah isolasi selesai lalu diberangkatkan ke Nunukan dan selanjutnya ke Pare-Pare.

“Yang tiba hari ini juga telah dilakukan rapid tes sebanyak 2 kali  di Tawau Malaysia dan di Nunukan. Semuanya hasil Non Reaktif, dengan masa isolasi selama 2 bulan dan pemeriksaan rapid tes 2 kali maka mereka boleh pulang ke rumah untuk melanjutkan isolasi mandiri 14 hari dibawah pengawasan gugus tugas setempat,” terang Yusuf.

Yusuf juga menjelaskan bahwa dalam penanganan Covid-19 tidak boleh hanya melihat dan mempersoalkan istilah, memperdebatkan jenis isolasinya. Menurutnya, dari sisi kesehatan tidak sekadar itu tapi juga mempertimbankan perjalanan penyakit, masa inkubasi, potensi penularan dan sebagainya.

“Faktanya apa yang dilakukan gugus tugas dengan mencegah eskalasi penularan sejauh ini sudah benar. Sampai saat ini belum ada penularan antara orang yang selalu kita curigai itu. Jangan lupa kata kunci diagnosis covid 19 disamping pemeriksaan penunjang adalah adanya keterangan riwayat perjalanan dan atau kontak kasus positif” tuturnya lagi.

Mengakui telah melakukan semua sesuai prosedur penanganan Covid-19, maka saat ini yang bisa dilakukan masyarakat hanyalah berdoa agar tidak ada satupun diantara pemudik yang terpapar virus Corona.

“Betul, setelah ikhtiar harus berdoa, ikhtiar sudah dijalankan” ucapnya. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed