Bupati Luwu Utara Kembali Serahkan BTL di Kecamatan Sabbang Selatan

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Bupati Luwu Utara kembali menyerahkan Bantuan Tunai Langsung (BLT) dana desa, Senin. (18/05). Nilainya mencapai Rp 600 ribu/KK.

Kali ini penyerahan dilakukan secara simbolis di Kecamatan Sabbang Selatan, tepatnya di desa Torpedo Jaya dan Desa Pompaniki. Kemudian di Kecamatan Tanalili, tepatnya di Desa Rampoang.


Menurut laoran Kepala Dinas PMD Luwu Utara Misbah, di Desa Torpedo Jaya, sebanyak 282 KK menerima BLT. Tercatat, sebanyak 96% masyarakat desa Torpedo Jaya mendapatkan manfaat bantuan sosial dari Pemerintah.

Di Desa Pompaniki sebanyak 150 KK menerima bantuan BLT Dana Desa, dan 85% masyarakat desa Pompaniki merima bantuan Sosial. Kemudian di Desa Rampoang, sebanyak 147 KK menerima bantuan BLT Dana Desa, dan 76% dari jumlah masyarakatnya menerima manfaat bantuan sosial.

“Bantuan sosial ini seperti PKH, BST, BLT, dan sebagainya,” tutur Misbah.

Di tempat yang sama, Kejari Luwu Utara, Indawan Kuswandi menegaskan, pihaknya hanya memastikan bantuan betul-betul sampai ke masyarakat. Warga yang berhak menerima bantuan merupakan hasil dari musyawarah desa.

BLT dana desa ini tidak serta merta diserahkan begitu saja, pastinya sudah ada persyaratan yang berhak menerima bantuan ini.

Intinya, dalam setiap bantuan sosial yang disalurkan, tentunya diharapkan pula peran serta masyarakat, bukan cuma diberikan haknya, tapi juga dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam mewujudkan kewajibannya sebagai warga desanya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, masyarakat yang menerima BLT tentunya mereka yang penghasilannya terdampak Covid-19 dan telah memenuhi syarat. Penerima tidak termasuk ke dalam penerima bansos lain seperti PKH, BST, dan sebagainya.

“Pergunakan bantuan ini sebaik mungkin. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jangan dipergunakan untuk yang lain-lain,” ujarnya. (*)

Comment