Pemkot Makassar dan IDI Sinergi Percepat Penanganan Covid-19

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM — Pemerintah Kota Makassar terus berupaya membebaskan kota ini dari wabah virus covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan yakni menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar untuk menyusun sejumlah strategi memutus mata rantai penyebarannya virus yang telah memakan korban jiwa .

Hal ini terungkap saat Penjabat WaliKota Makassar, Prof Dr Yusran Yusuf didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Dr Naisyah Tun Azikin mengunjungi kantor IDI Makassar di Jalan Topaz Raya Kecamatan Panakkukang, Kamis, (21/Mei/2020) pagi.


Yusran diterima sekretaris IDI Kota Makassar Dr Nur ashari M.Kes, Humas IDI Kota Makassar Dr wachyudi Muchsin SH , ketua satgas IDI Kota Makassar Dr dr Muhammad sakti Sp.OT, sekretaris satgas dr Hj muji Iswanti SH , Sp.KK , MH MKes , ketua Lembaga Riset PB IDI dr marhaen Hardjo Ph.D, team satgas Dr Irwan Gunawan Sp.B , dr Syarif Sp.OT , Dr Dhedi Sp.OT , Dr Nurrahmansyah Sp.OT , Dr Apri , Dr Muhammad Phetrus Johan Sp.OT (K) , Dr Ervina Sp.THT

Dalam pertemuan Prof Yusran dengan IDI Makassar terungkap sejumlah rencana yang akan dilakukan, diantaranya gerakan edukasi ke masyarakat sehingga protokol kesehatan bisa betul-betul menjadi budaya ditengah warga Kota Makassar.

“Konsen kita saat ini adalah edukasi. Bagaimana warga bisa memahami seperti apa virus ini dan bagaimana pencegahannya. Olehnya itu bersama IDI, kami telah membuat strategi bersama untuk turun langsung ke masyarakat memberikan edukasi ”, pungkasnya.

Kata dia, saat ini pencegahan covid-19 melalui rapid test dan swab masih terus di massifkan, termasuk menggandeng IDI dalam upaya melakukan deteksi penyebaran virus.

“IDI tempatnya kumpul para dokter umum dan dokter ahli tentunya. Mereka lebih paham bagaimana semestinya penanganan yang dilakukan,” ujarnya.

“Makanya, hari ini kami mendatangi kantor IDI Makassar untuk minta masukan. Ternyata ada TCM (Tes Cepat Molekuler) yang bisa diterapkan dengan tingkat keakuratan dan ketepatan waktunya cukup singkat, hanya 1-2 jam sudah ada hasil ini akan sangat membantu memutus penyebaran virus ini,” tambah Yusran.

Kabarnya pemerintah pusat telah mengirimkan 1.500 cartridge untuk pemeriksaan TCM ke seluruh daerah, dan Kota Makassar juga akan bersiap menerapkan tes ini di seluruh Rumah Sakit, 47 Puskesmas dan beberapa ruang publik lainnya.

Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, dr Muhammad sakti mengatakan, tes TCM memudahkan tenaga medis dalam mendeteksi warga yang terpapar virus, tidak perlu waktu lama sehingga .

“Rencana kehadiran alat TCM di Makassar tentu menjadi kabar baik. Tenaga medis dapat bekerja lebih optimal dan pemerintah dapat segera bertindak cepat untuk penangananya dan pasti akan dikenakan hukuman bagi siapa saja masyarakat mencoba melanggar aturan penanganan Covid-19 ”,imbuhnya.

Humas IDI Kota Makassar, Dr wachyudi Muchsin SH memberi apresiasi kepada PJ Walikota Makassar, Yusran Yusuf yang mengajak IDI terlibat dalam penanganan virus corona.

Kata dia, adanya kolaborasi antara Pemkot Makassar dan IDI, kondisi dapat segera kondusif. Kesehatan masyarakat terjaga dan roda perekonomian bisa kembali normal.

“Tentunya dengan mengikuti aturan protap kesehatan yang ketat seperti memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin. Apalagi pemerintah memberikan hukuman berat bagi masyarakat yang tidak mematuhi protap kesehatan Covid,” ujarnya.(*)

Comment