Bupati Lutra Resmikan Kelas Jauh UPT SMPN 9 Seko

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Tak hanya melakukan pemantauan penyaluran bantuan sosial, kunjungan kerja Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani juga dimanfaatkan untuk memenuhi undangan warga Desa Hoyane sekaligus meresmikan UPT SMP Negeri 9 Seko, Minggu (31/5) lalu.

Sebelum diresmikan, sekolah tersebut merupakan kelas jauh dari UPT SMP Negeri 1 yang berpusat di Desa Eno ibukota Kecamatan Seko.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara, Jasrum menjelaskan, keputusan untuk mengubah status sekolah dilakukan melalui sejumlah pertimbangan, diantaranya jarak dan jumlah siswa. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, tercatat sebanyak 75 siswa (i) dari seluruh tingkatan yang mengenyam pedidikan di Kelas Jauh UPT SMPN 1 Seko.

“Dulunya hanya kelas jauh SMPN 1 seko, tapi berdasarkan pertimbangan jarak terutama melihat efektivitas siswa yang harus keluar rumah subuh dan baru tiba jam sore, maka kami memutuskan untuk mengubah status kelas jauh menjadi UPT SMPN 9 seko,” ujarnya.

“Apalagi jumlah siswa memadai bahkan banyak, maka sudah memenuhi standar. Dengan perubahan status menjadi UPT, maka tahun ini akan ada penerimaan siswa didik baru, dan seluruh siswa yang sebelumnya terdata di kelas jauh juga akan dipindahkan ke SMP,” ungkap Jasrum.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengapresiasi semangat belajar anak-anak Desa Hoyane yang tetap berjuang meraih pendidikan meski di tengah kondisi sulit sekalipun.

“Untuk anak-anakku sekalian saya mengucapkan banyak terima kasih. Meski di tengah keterbatasan dan kondisi sulit sekalipun tidak berhenti untuk belajar dan bersekolah. Tentu hal ini juga tidak terlepas dari dukungan orang tua masing-masing,” terangnya.

“Saya memberi apresiasi yang tinggi, meskipun jauh tapi banyak yang bersekolah. Karena sekolah itu menyenangkan, tugas kita manusia memulai dan belajar,” paparnya.

Persoalan mau jadi apa nanti itu akan mengalir, namun sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya,” weungkap bupati yang karib disapa IDP ini di saat memberikan sambutan usai meresmikan UPT SMPN 9 Seko di Dusun Pattahe Desa Hoyane Kecamatan Seko, Minggu (31/5/2020). (*)

Comment