MT Ukhuwah UMI Bahas Makna Halal Bi Halal dan Covid 19 dalam Perspektif Kedokteran

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr dr Nasrudin didaulat membawakan Hikmah Halal bi Halal di acara Majelis Ta’lim Ukhuwah UMI, via virtual, Rabu malam, (3/6/2020).

Acara bertajuk ‘Silaturrahmi dan Pencegahan Covid-19 di Era New Normal’ ini, Dr. dr Nasrudin menjelaskan detail dan sistematis makna halal dan bagaimana gejala Covid dan upaya pencegahan yang harus dilakukan dan new normal.


“InsyaAllah saya pikir ada tema yang sepertinya nyambung dengan kompetensi saya sebagai dokter, pertama. Yang kedua izinkan saya sebentar untuk memberikan kajian Halal Bil Halal dan silaturahim ini dalam perspektif saya sebagai dokter,” ungkap dr Nasrudin.

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran UMI ini memaparkan, selama beraktivitas di masa covid-19, semua orang wajib memperhatikan protokol kesehatan.

“Misalnya masker menghindari kontak sesuatu dan menghindari sesuatu yang kita sentuh, kemudian menjaga kerumunan, rajin mencuci tangan yang benar dengan air yang mengalir,” papar alumni Fakultas Kedokteran UMI ini.

Kata Nasruddin, harus dilakukan dengan cara sesuai standar dan secara berulang-ulang. Itu akan menjadi kebiasaan baru yang baik untuk kesehatan semua orang. Bahkan, disebutkannya, bukan hanya fisik dan psikis tapi juga apsek spiritual kita.

“Bukan hanya fisik sehat tapi harus perkuat psikis dan dipermantap juga spritual, semua ini merupakan sesuatu yang penting dalam metabolisme tubuh kita,” paparnya.

“Ke depan tidak perlu takut meski sudah banyak virus. Sebenarnya, selama ini kita sudah berdampingan dengan virus.
Tinggal bagaimana kita tetap memberlakukan protokol kesehatan dan penyesuaian perubahan pola hidup,” ujarnya. (*)

Comment