Pembukaan PPM Terpadu LP2M UNM di Kabupaten Gowa Dilaksanakan Secara Virtual

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pengabdian Masyarakat Terpadu yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kabupaten Gowa, Sabtu, 13 Juni tahun 2020 dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan ini dihadiri Ketua LP2M, Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M.T, Kepala Pusat TTG LP2M UNM Dr Syamsidah M Pd, Kepala Kelurahan Tamallayang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, Kepala UPTD SMA Negeri 3 Kabupaten Gowa.


Peserta dari Kabupaten Gowa para generasi milenial yang tergabung dalam komunitas G-Disk Computer Community sebagai generasi yang akan memanfaatkan teknologi IT di masa yang mendatang.

Pembukaan PPM Terpadu LP2M UNM di Kabupaten Gowa Dilaksanakan Secara Virtual

Koordinator PPM Terpadu Kabupaten Gowa, Dr Mustari Lamada, M.T melaporkan pentingnya kegiatan ini bagi para generasi milenial yang memiliki keahlian dalam membuat sebuah video dan infografis.

Kata dia, hal menarik saat ini yakni memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam era digital. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi para kawula muda.

“Era sekarang banyak media sosial yang dapat menampung video dan infografis untuk menjadi bahan informasi bagi masyarakat luas. Media sosial tersebut diantaranya seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan masih banyak yang lainnya,” ujarnya.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir Bakhrani A. Rauf MT mengatakan, PPM terpadu tahun 2020 ini dibuka secara virtual di Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna LP2M UNM, Dr.Syamsidah, M.Pd menuturkan, setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi dari setiap pengabdi.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak MOA dengan kepala sekolah dan kepala desa yang ditempati mengabdi, setiap peserta dalam pengabdian ini mendapat sertifikat dari ketua tim pengabdi setiap kelompok.

Sementara itu, Dr Satria Gunawan memaparkan, selain video salah satu bentuk keterampilan penting lainnya adalah desain infografis.

“Informasi lebih mudah disampaikan melalui infografis, mampu menyampaikan informasi lebih ringkas dalam bentuk data yang digambarkan secara visual,” terangnya. (*)

Kegiatan ini diharapkan dapat membekali para generasi milenial keterampilan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Comment