Dekan FIK UIM Usung Healthcare Professional Entrepreunerships 

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Serah terima jabatan dekan fakultas ilmu kesehatan UIM berlangsung hari ini, Rabu 1 Juli 2020, di kampus FIK UIM.

Kegiatan ini menjadi awal baru kepemimpinan Dr. Marhaen Hardjo, M.Biomed, PhD, Doktor lulusan Okayama University Jepang sebagai dekan baru menggantikan seniornya, Dr. Rivai Pakki.


Ditengah pandemik Covid-19 dengan menjaga social distancing Acara serah terima secara hibrid daring dan luring. Dekan lama yang berhalangan hadir langsung diundang via aplikasi zoom, disaksikan para tamu undangan yang ikut meramaikan acara sertijab ini .

Dekan FIK UIM baru, Marhaen, menyampaikan pidato sambutan tentang arah baru pendidikan di FIK UIM, yakni untuk menghasilkan health care professionals yang berjiwa enterpreunership.

“Kita menginginkan tenaga kesehatan profesional, perawat dan bidan, yang dihasilkan dari sistem pendidikan di FIK UIM memiliki kemandirian dan inovasi dalam menjalankan profesinya,” kata Marhaen yang merupakan salah satu anggota kolegium dokter Indonesia yang menjadi penyusun Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2020 dan reviewer standar kompetensi tenaga kesehatan di Indonesia.

Marhaen kemukakan keinginannya untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing secara global.

“Kita sudah lelah dengan persoalan tenaga kerja Indonesia yang kurang terdidik di luar negeri. Kita malu karena tenaga kerja Indonesia dibayar lebih murah dari tenaga kerja asal filipina dan Malaysia di Timur Tengah dan Jepang.
Kita akan mengirim tenaga kesehatan profesional, yang memiliki jiwa entrepreunership, ke luar negeri. Saya akan berusaha memanfaatkan jaringan internasional yang saya miliki untuk mewujudkan hal ini,” jelas ahli stem cell dari Universitas Hasanuddin, yang pernah lama tinggal, di Jepang dan Kuala lumpur.

Mengakhiri sambutannya, Marhaen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Yayasan UIM Fatimah Kalla, Rektor UIM, Dr. Ir. A Majdah Agus Arifin Nu’mang, MSi dan Dekan lama Dr. Rivai Pakki, yang telah memberikan kesempatan untuk menahkodai FIK UIM.

Humas IDI Kota Makassar Dr Wachyudi Muchsin SH meyakini FIK UIM dibawah kepemimpinan dokter marhaen akan membawa FIK UIM go internasional serta mampu bekerjasama dengan semua pihak baik kampus, media dan pemerintah. (*)

Comment