oleh

Terdakwa Korupsi Dana PAUD Bone Dituntut 3 Tahun, Harta Terancam Disita

-Daerah-499 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Setelah 4 minggu tertunda, Pengadilan Negeri Makassar akhirnya menggelar sidang korupsi dana PAUD Bone, Rabu (1/7/20), yang melibatkan terdakwa Iksan, Sulastri dan Masdar, sayangnya, Sulastri tidak menghadiri sidang karena masih terbaring sakit setelah operasi.

Tuntutan yang dibacakan Imdad Mahatfa Virya, didampingi Kasi Pidsus Kejaksaan Bone, Andi Kurnia, menyatakan bahwa ketiga terdakwa dinyatakan bersalah karena menyebabkan kerugian negara sehingga dituntut hukuman masing-masing Sulastri dan Iksan selama 3 tahun penjara sedangkan Masdar 7 tahun penjara.

Baca Juga : Jelang Sidang Tuntutan, Terdakwa Korupsi Dana PAUD Bone “Titip” Uang ke Kejaksaan

“Jumlah uang yang dinikmati Masdar lebih banyak dan uang yang sudah kembali hanya sedikit” ungkap Andi Kurnia, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bone.

Iksan dinyatakan bersalah telah merugikan negara sebesar Rp835 juta dan dituntut 3 tahun dikurangi masa tahanan dengan denda Rp200 juta, subsider 3 bulan. Dikatakan juga bahwa Iksan diharuskan membayar uang pengganti senilai Rp414.920.000, subsider 1 tahun 6 bulan.

Sedangkan Sulastri juga dituntut 3 tahun dengan denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp395 juta subsider 1 tahun 6 bulan, jika dalam sebulan tidak membayar uang pengganti, maka aset milik Iksan dan Sulastri akan disita dan dilelang oleh Kejaksaan.

Baca Juga : Bukan Glaukoma, Pengacara Sebut Terdakwa Korupsi Dana PAUD Bone Mengidap Tumor

Tuntutan untuk Masdar sendiri lebih tinggi, yakni 7 tahun penjara dengan denda Rp400 juta, subsider 4 bulan kurungan. Masdar juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp2.792.310.000, subsider 3 tahun 6 bulan. Aset milik Masdar juga terancam disita dan dilelang oleh Kejaksaan jika dalam waktu sebulan tak membayar uang pengganti.

Sidang berikutnya dengan agenda Pledoi atau pembelaan dinyatakan hakim akan digelar 2 minggu berikutnya. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed