Tiga Peserta UTBK Ikut Ujian di UNM

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Tiga peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada hati ketiga di Universitas Negeri Makassar. Ketiga peserta ini merupakan berkebutuhan khusus tuna netra.

Rektor UNM Makassar Prof Husain Syam mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini dijadwalkan sebanyak empat peserta berkebutuhan khusus yang akan ujian, namun hanya tiga orang yang datang untuk mengikuti ujian tepat waktu.


“Untuk peserta yang tidak hadir pada hari ini sejauh ini belum ada informasi untuk mengikuti ujian dilain hari. Untuk peserta berkebutuhan khusus ini jumlah dan bobot soal sama dengan peserta yang normal,” kata Husain Syam,” Selasa, 7 Juli 2020.

Guru besar bidang pertanian ini menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ujan bagi yang berkebutuhan khusus ini akan didampingi oleh satu orang pendamping untuk satu peserta ujian. Meski soal sama, namun perangkat lunak yang digunakan dibuat khusus untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

“Perangkat lunak yang digunakan untuk ujian ini memang secara khusus dirancang untuk peserta berkebutuhan khusus. Jadi pelaksanaan ujiannya tidak akan terganggu,” jelasnya.

Untuk pendampingan ujian peserta berkebutuhan khusus ini langsung dari jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ada di UNM Makassar.

Diketahui untuk pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini, jumlah peserta yang akan melakukan ujian di UNM Makassar sebanayak 13.468 orang.

Laporan Humas UNM, Dr Burhanuddin dari Makassar.

Comment