Kembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi, UIM MOU dengan Empat Lembaga

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COm — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) DR Ir A Majdah M Zain menandatangani MoU kerjasama dengan empat pimpinan lembaga. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, Senin, (10/8/2020).

Keempat lembaga yang menjalin kerjasama dengan UIM yakni Universitas Indonesia Timur (UIT), Kantor Wilayah Departemen Agama Sulsel, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulsel dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.


Penandatangan dilakukan langsung Majdah bersama 4 pimpinan lembaga pemerintah dan perguruan tinggi itu.

“Saat ini merupakan era kolaborasi dan maju bersama. Tidak berlaku lagi istilah saling mengalahkan. Tapi, bagaimana bisa sama-sama berkolaborasi untuk kontribusi bagi kecerdasan anak bangsa,” jelas Majdah.

Kerjasama di bidang pertanian, urainya, saat ini sangat penting di tengah tingginya harapan bahwa sektor pertanian yang akan menyelamatkan perekonomian nasional.

“Demikian pula untuk kepustakaan. Sebuah kampus berkualitas dilihat dari perpustakaan dan aktivitas perpustakaannya,” kata Ketua Muslimat NU Sulsel itu.

Hadir bertandatangan labgsung Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulsel DR Ir A Ardin Tjajto MP dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Mohammad Hasan SH MH.

Juga Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Sulsel diwakili Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Kabid PD Pontren) Mulyadi SE, MM, dan Rektor Universitas Indonesia Timur (UIT) Dr Andi Maryam SST SKM MKe.

“Ada penandatanganan MoU dan juga MoA sebagai implementasi dari Permen Dikti nomor 14 tahun 2014 tentang penyelenggarakan kerjasama perguruan tinggi baik bersifat akademik dan non akademi,” jelas Wakil Rektor V Bidang Kerjasama Prof Dr HM Arfin Hamid SH MH.

Lebih rinci Kabag Humas dan Kerjasama UIM, dr Wahyuddin Muhksin SH menjelaskan, kerjasama UIM dengan UIT dalam bidang pendidikan, penelitian pengabdian, peningkatan akreditasi dan promosi serta implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kerjasama UIM dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel bersepakat melakukan berbagai keejasama peningkatan dan pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi hingga transformasi perpustakaan.

Sedangkan dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan mencakup pendidikan, pemagangan, pengabdian dan penelitian pertanian.

Demikian pula kerjasama UIM dengan Kanwil Depag Sulsel bersepakat bersinergi untuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dn pengembangan institusi.

Comment