UIM dan Unasman Mandar Sepakat Kerjasama Kampus Merdeka

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Penandatanganan memorandum Of understanding (MOU) antara Universitas Al Asyariah Mandar bekerjasama Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi bentuk kerjasama yang modern dalam dunia pendidikan, termasuk merumuskan konsep kampus merdeka.

Konten dari memorandum of understanding (MoU) kedua kampus yaitu, Universitas Al Asyariah Mandar dan universitas islam makassar, terkait sinergi dalam tridarma perguruan tinggi. Juga bentuk kolaborasi merdeka belajar-kampus merdeka. Kerja sama kedua institusi tersebut, dalam rentang waktu lima tahun ke depan.


Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Dr Chuduriah Sahabuddin menerangkan, sejauh ini banyak kampus berfikit, menjalanin kerja sama dengan kampus luar negeri.

Menurutnya, itu tidak salah. Tetapi sinergi dengan kampus se-kota juga akan memberi implikasi yang positif.

“Saya lihatkan, ada dosen dosen Unasman alumni Universitas Islam Makassar ngajar di ke depan, mahasiswa kita bisa saling bertukar juga,” jelasnya, usai MoU dan MoA di kampus Unasman Polewali Mandar , Selasa 22 September 2020.

Sementara itu, Rektor UIM Majdah M Zain didampingi wakil rektor V bidang kerjasama , Prof DR H.M Arfin Hamid SH MH, Dekan Fakultas Pertanian UIM Dr Ir Suardi Bakri MP , Kepala Biro administrasi Umum dan keuangan Musdalipa M.Si dan Kabag Humas & Kerjasama UIM dr Wachyudi Muchsin SH mengutaran, kerjasama ini di sambut dengan sangat terbuka. Sebab sigergi kampus dinilainya, dalam tahap implemrntasi bisa lebih mudah dilakukan.

Menurutnya, paradigma kompetisi antara kampus sudah tidak dipakai lagi. Baginya, yang ada sekarang adalah mitra. Sebab, setiap kampus sekarang punya ciri dan unggulan pada bidang tertentu.

“Kalau mau belajar pertanian bisa ke UIM Ini sangat bagus. Kami sangat terbuka,” ujarnya.

Ia berharap implementasi dari MoU dan MoA tak hanya diatas kertas, pihaknya sangat terbuka untuk menjalani sigergi keunit kerja selanjutnya. Dalam hal ini level fakultas hingga tingkat Prodi.

Selain MOU terjalin juga MOA antara Fakuktas Pertanian Unasman dengan Fakultas Pertanian UIM, FKIP UIM dengan FKIP Unasman, Fakuktas Ilmu Komunikasi UIM dengan Faultas Komunikasi Unasman.

Selain dilakukan juga pelantikan pengurus kajian cinta Al Quran Provinsi Sulawesi Barat masa khidmad 2020-2025.(*)

Comment