oleh

Rektor UNM Dorong Mahasiswa Punya Jiwa Wirausaha

-Pendidikan-93 views

MAKASSAR,  BERITA-SULSEL.COM -Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melangsungkan kegiatan seminar nasional kewirausahaan pemuda dalam rangka menyambut peringatan sumpah pemuda dengan tema “Penguatan Kompetensi entrepreneurship, yang Adaptif terhadap Perubahan Menuju Indonesia Maju”.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengatakan, pelaksanaan seminar ini sejalan dengan target dari kampus yakni menjadikan sebagai kampus enterpreneur. Hal itu juga sejalan dengan impiannya ingin menjadikan 10 persen mahasiswa dari total 35 ribu mahasiswa yang ada saat ini untuk menjadi enterpreneur.

“Saat ini di UNM jumlah mahasiswanya 35ribu lebih dan saya punya mimpi untuk membangun jiwa enterpreneur kepada mahasiswa. Selain itu saya punya impian untuk mendorong lima sampai sepuluh persen untuk menjadi enterpreneur,” kata Prof Husain Syam

Guru besar bidang pertanian ini menambahkan, impiannya menjadikan kampus yang dikenal selama ini sebagai pencetak guru sebagai kampus enterpreneur untuk membantu pemerintah mencukupi rasio jumlah wirausahawan dimana saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru 3,5 persen lebih, sementara untuk negara maju diatas 4 persen.

“Meski lulusan masih didominasi sarjana pendidikan namun dengan ditanamkannya jiwa enterpreneur sehingga nanti dimasa mendatang dengan jiwa tersebut bisa melahirkan inovasi sehingga bisa lebih efektif,” jelasnya.

Husain menyebut, jiwa enterpreneur itu tidak hanya melakukan konsumsi saja akan tetapi melahirkan inovasi yang bisa dinikmati banyak orang. Dengan memiliki jiwa enterpreneur maka bisa menjadi pewarna dalam kehidupan karena selalu berkreasi.

Juga Tenaga Ahli Menteri, Prof. Paiman Raharjo Apud Kuseri mengatakan, untuk menjadikan indonesia sebagai negara maju, Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Sebab, saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3,1 persen dari total populasi penduduk.

“Perguruan tinggi harus hadir dari proses perjalan bangsa, Maka itu, agar Indonesia menjadi negara maju, kampus harus mampu memberi sumbangsi dengan mencetak generasi yang berjiwa kewirausahan,” jelasnya.

Menurutnya, komitmen UNM dalam mencetak lulusan yang berjiwa kewirausahan dengan menempatkan mata kuliah disetiap program studi.

“UNM mengusung sebagi perguruan tinggi interprenur, wajib mata kuliah kewiruusahaan ini di setiap prodi, ini untuk menjawab visi misi kami,” tegasnya.

Husain menyebut, jiwa enterpreneur itu tidak hanya melakukan konsumsi saja akan tetapi melahirkan inovasi yang bisa dinikmati banyak orang. Dengan memiliki jiwa enterpreneur maka bisa menjadi pewarna dalam kehidupan karena selalu berkreasi.

Laporan Humas UNM, Dr Burhanuddin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed