Brand – Brand Ternama, Raih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020

Popularitas brand di ranah digital menjadi kunci untuk memenangkan persaingan dalam era new normal. Selama lebih dari 6 tahun, Indnesia Digital Popular Brand Award telah menjadi barometer utama pengukuran digital brand di Indonesia. Siapa saja juaranya?

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Era Kenormalan Baru telah memantapkan kebiasaan masyarakat dan perilaku konsumen ke ranah digital. Keterikatan masyarakat dengan teknologi digital yang semakin dalam dan masif harus dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan engagement terhadap konsumen.


Bagi para pelaku brand kondisi new normal itu harus ditangkap sebagai sebuah peluang. Pelaku brand dituntut lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan teknologi digital dalam mengidentifikasi tren, perkembangan bisnis, kebutuhan dan keinginan konsumen. Dengan demikian brand akan semakin dikenal secara digital, dan menjadi kunci memenangkan persaingan yang semakin sengit.

Untuk mengakomodir perkembangan tersebut, media INFO BRAND bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di tanah air serta IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner kembali menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah Republik Indonesia dalam memutus rantai penyebaran COVID-19, penghargaan yang mengusung tema “Branding in the New Normal” ini diselenggarakan melalui video conference dengan konsep e-awarding ceremony.

Tri Raharjo, Chief Executive Officer (CEO) TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 mengatakan, apresiasi Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 diberikan kepada brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun top of digital awereness, top of digital search, top of digital traffic serta meningkatkan engagement brand melalui media digital atau internet sehingga unggul dan populer dibanding brand lainnya.

Menurut Tri Rahajo, para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 adalah brand-brand yang telah beradaptasi dengan baik terhadap era disruptif teknologi saat ini. Pelaku brand tidak hanya semakin kreatif dalam berfikir dan bertindak, namun juga konsisten dari upaya memaintain digital brand secara berkesinambungan dalam membangun dan membesarkan mereknya.

“Dengan kata lain, setiap brand perlu terus bergerak cepat dan lincah mengikuti arah perubahan lingkungan bisnis dalam menyongsong era revolusi industri generasi keempat ini. Karena kemajuan sebuah brand sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita untuk mampu adaptif terhadap perkembangan zaman, kemudian menghadirkan brand ke hadapan pelanggan potensial melalui cara yang mudah dan simpel,” jelas Tri Raharjo, Selasa, 27 Oktober 2020.

Untuk menentukan para peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, telah dilakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada bulan Juni 2020 – Agustus 2020 kepada 235 kategori produk dan lebih dari 1.500 brand tersurvei di Indonesia melalui tiga parameter penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

Dari hasil survei yang dilakukan TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus, dari data 235 kategori tersurvey menemukan 10 kategori teratas dalam daftar Ulasan Halaman Mesin Pencari Terbanyak dan Rata-Rata Pencarian Terbanyak.

Adapun 10 kategori dengan ulasan halaman mesin pencari, kategori Vitamin C mendominasi dengan persentase mencapai 46,70%. Disusul kategori Sepeda 16,95%, Blender 11,00%, Lampu LED 6,31%, Kipas Angin 4,96%, Vitamin E 3,94%, Madu 3,80%, Mixer 2,69%, Sepeda Lipat 2,29%, dan SPBU 1,36%.

Sementara 10 kategori dengan rata-rata pencarian terbanyak berdasarkan survei, kategori Sepeda mendominasi pencarian dengan persentase 30,15%. Disusul Vitamin C 26,68%, Vitamin E 12,89%, Blender 9,91%, Mixer 6,44%, Kipas Angin 4,56%, Madu 4,05%, SPBU 2,26%, Lampu LED 1,74%, Sepeda Lipat 1,33%.

Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara digital dan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yaitu; Haan (Bahan Kue Instan), Prenagen (Susu Ibu Hamil), Lovamil (Susu Ibu Hamil), Cap Kapal (Garam Dapur), Pacific (Sepeda Dewasa dan Seda Lipat), Oxone (Pisau Dapur, Microwave, Setrika, Panci Presto, Blender, Mixer dan Juicer), HIPPO (Powerbank), Freshcare (Minyak Angin Aromatherapy), Madu TJ (Madu), Hot In Cream (Cream Otot), Plossa (Minyak Angin Aromatherapy), Vegeta (Obat Pelancar BAB), Adem Sari (Larutan Penyegar Panas Dalam), Antis (Hand Sanitizer), Soffell (Lotion Anti Nyamuk), Bussan Auto Finance (Pembiayaan Mesin Pertanian dan Pembiayaan Fleet).

Kemudian, Sharp (Air Purifier, Microwave, Blender, Dispenser Listrik, Pemanggang Roti, Air Cooler, dan Air Conditioner). Tekiro (Hand Tools), Milkita (Permen Susu), Campina (Toko Es Krim), Enervon-C (Vitamin C), Natur-E (Vitamin E), Mandiri Utama Finance (Pembiayaan Fleet), My Republic (Internet Berlangganan), Zee (Susu Tulang), POS Indonesia (Jasa Pengiriman Uang Non Bank), Confidence (Adult Diapers), Sweety (Popok Bayi), Good Day (Kopi Dalam Kemasan Siap Minum), Artline (Spidol Warna), TrueMoney (Jasa Pengiriman Uang Non Bank), Sasa (Sambal Terasi Siap Pakai), dan SehatQ (Aplikasi Konsultasi Dokter).

Dan Special Category diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri untuk kategori Magister Manajemen yakni; Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran.

“Akhirnya, kami ucapkan selamat kepada seluruh peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2020. Semoga apresiasi ini dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi pelaku brand digital di tanah air,” tutup Tri.(***)

Comment