Diduga Ada Masalah, KPK-BPK RI Tinjau Lokasi Proyek Puskesmas Batua

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, meninjau proyek pengerjaan Puskesmas Batua, di Jl Batua Raya Makassar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sulsel, Kombes Pol Widoni Fedri dikonfirmasi membenarkan adanya penyidik KPK dan BPK RI melakukan pemeriksaan di lokasi pembangunan Puskesmas Batua.


“Rekan-rekan KPK dan BPK RI melakukan pemeriksaan di lokasi Puskesmas Batua. Mereka ke lokasi pada Jumat kemarin didampingi penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, ” kata Kombes Pol Widoni Fedri, Minggu (13/12/20).

Widoni Fedri menyebut, saat ini pihaknya memang sementara menangani adanya dugaan korupsi pada proyek itu. Bahkan sebut Widoni, kasus itu sudah naik ketahap penyidikan. Kini tinggal menunggu hasil audit kerugian negara.

“Subdit Tipikor memang sementara menangani kasus itu. Adanya dugaan korupsi dalam proyek itu tinggal menunggu hasil audit dari BPK. Kalau sudah ada langsung dilakukan penetapan tersangka, ” sebut perwira Polri tiga bunga ini.

Sementara itu Direktur Lembaga Anti Korupsi Sulsel (Laksus), Ansar diminta tanggapannya menegaskan, penagak hukum dalam hal ini Polda Sulsel harus mengusut tuntas apa penyebab terjadinya mangkrak pada proyek itu.

Apalagi kata Ansar, proyek yang menghabiskan uang negara puluhan miliar itu, tentu ada yang bertanggungjawab dibalik permasalahan itu dan siapa aktornya. Sehingga kata Ansar, aparat penegak hukum harus mengusut tuntas.

“KPK dan BPK RI juga sudah turun langsung melihat situasi proyek itu. Turunnya kedua institusi itu, tentunya mereka menilai bahwa proyek itu betul-berul menjadi perhatian dan berdampak merugikan keuangan negara ” sebut Ansar.

Diketahui, Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulsel, telah melakukan pemeriksaan beberapa saksi untuk mendalami penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan gedung Puskesmas Batua, kota Makassar senilai Rp25,5 milar.

Proyek pembangunan gedung Puskesmas Batua, yang berada di Jalan Abd Dg Sirua, Kota Makassar itu dikerjakan oleh pihak rekanan dari PT Sultana Nugraha.

Rencananya dalam proyek pembangunan Puskesmas Batua akan dijadikan Rumah Sakit tipe C dengan bangunan berlantai 5. Namu faktanya hingga kini proyek fisik pembangunan tersebut tak juga kunjung rampung dikerjakan.(*)

Comment