Bupati Luwu Ikuti Rakernas Pembangunan Pertanian

LUWU, BERITA-SULSEL.COM – Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang bersama Penjabat Sekda Luwu, Sulaiman, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ahyar Kasim, dan Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin A Picunang mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 secara virtual di ruang kerja Bupati, Kompleks Perkantoran Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin, (11/1/2021).

Menteri Pertanian, Dr Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Rakernas ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021.


“Arah pembangunan pertanian tahun 2021 adalah pertanian maju, mandiri dan modern untuk meningkatkan produktifitas dan diversifikasi pangan”, kata Syahrul Yasin Limpo.

Usai mengikuti rakernas tersebut, Bupati Luwu menegaskan kepada Kepala Dinas Pertanian agar terus memacu peningkatan produksi pada sub-sub sektor pertanian

“Peningkatan produksi pertanian di kabupaten Luwu bukan hanya fokus pada tanaman pangan saja tetapi kita juga harus meningkatkan produktifitas pada sub Hortikultura, perkebunan dan peternakan”, ujar Basmin Mattayang.

Menurut Basmin, salah satu faktor yang mendukung peningkatan produksi terletak pada penyediaan sarana dan prasarana pertanian, diantaranya penyediaan benih dan pupuk. Selain itu, diperlukan juga budidaya tanaman serta pengendalian hama dan penyakit.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Albaruddin, khusus untuk tanaman padi, terjadi peningkatan produksi sebesar 4,11 persen pada tahun 2020, dimana pada tahun 2019, kabupaten Luwu berhasil memproduksi padi sebanyak 389.056,32 ton, sedangkan pada tahun 2020 meningkat menjadi 405.055,58 ton

Comment