oleh

Sudah “Sekarat”, Bumdes Bone Malah Habiskan Ratusan Juta Untuk Bimtek

-Daerah-564 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Disuntik dana Rp70 miliar yang dibagi ke 324 Bumdes se Kabupaten Bone, alhasil hanya bisa menghasilkan Rp1 miliar atau 0,014 persen Pendapatan Asli Desa (PADes).

Dana Desa yang diturunkan sejak 2015 nyatanya belum memberikan hasil optimal dan tak banyak kontribusi bagi Pendapatan Asli Desa. Ditengah Bumdes yang sekarat, Forum Bumdes malah habiskan dana sekitar Rp600 juta untuk Bimtek yang digelar November 2020 lalu.

Bimtek yang diprakarsai oleh Forum Bumdes, notabene menindaklanjuti hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah yang menemukan ketidakseragaman Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Bumdes karena SDM yang masih dibawah standar.

“Hasil pemeriksaan inspektorat beberapa tahun lalu menunjukkan ketidakseragaman LPj BUMDes karena SDM yg masih di bawah standar” ungkap Ilham, Ketua Forum Bumdes Bone.

Terpisah,  Kabid Pembinaan Ekonomi Desa DPMD Bone, Nasrullah, mengatakan bahwa pelakasanaan Bimtek oleh Forum Bundes sudah sejalan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Bumdes.

“Dalam AD/ART Forum ada peningkatan kapasitas jadi itu tidak masalah, karena kita (DPMD, red) yang mau adakan, tidak ada anggaran” terang Nasrullah.

Sekedar diketahui, Bimtek November kemarin mengharuskan kontribusi setiap Bumdes sebesar Rp2 juta dilaksanakan 3 tahap di Hotel Helios Bone dengan menghadirkan narasumber lokal dari Kepolisian dan Kejaksaan. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed