oleh

MAN Insan Cendikia Gowa Buka SNPDB

-Daerah-199 views

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – MAN Insan Cendekia se-Indoneaia termasuk MAN Cendekia Gowa mulai membuka pendaftaran melalui Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) sejak tanggal 11 Januari lalu.

Sejumlah informasi terkait SNPDB Man Insan Cendekia Gowa telah diunggah pada beberapa akun media sosial Man Insan Cendekia Gowa termasuk di dalamnya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta didik tahun ajaran 2021/2022. Tidak ada yang berubah dari persyaratan tahun-tahun sebelumnya.



Semua informasi pendaftaran dapat diperoleh dengan sangat mudah oleh para calon peserta didik dengan membaca juknis atau dengan menghubungi narahubung yang tertera pada flayer.

Saat ini terdapat 23 lokasi Man Insan Cendekia di seluruh Indonesia. Man Insan Cendekia Gowa sebagai madrasah yang belum menamatkan siswa-siswa, tahun ini memperoleh daya tampung peserta didik baru sejumlah 72 orang dari 2.236 kuota keseluruhan IC yang akan diterima. Dari jumlah tersebut terbagi menjadi 30 orang Putra dan 42 orang Putri.

Kepala Man Insan Cendekia Gowa,  Supiana menyebutkan bahwa perbedaan jumlah kuota peserta didik putra dan putri ini mempertimbangkan jumlah peserta didik putra dan putri yang telah diterima pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, dengan daya tampung sejumlah 72 orang tersebut, semua peserta didik akan menikmati ruang kelas yang baru.

Lebih lanjut disampaikan bahwa SNPDB merupakan proses yang sangat penting dilakukan untuk menjaring peserta didik yang akan masuk di Man Insan Cendekia Gowa.

Proses seleksi yang ketat secara nasional ini, akan melahirkan bibit-bibit unggul yang nantinya akan dibina dari sisi akademik dan keimanan yang selanjutnya diharapkan mampu menghasilkan insan-insan yang berotak jerman dan berhati madinah.

Kemampuan akademik yang dimiliki siswa-siswi Man Insan Cendekia Gowa ini telah dibuktikan pada beberapa ajang seperti KSN, KSM, POSI, ONN, dll yang mampu menyabet beberapa medali. Untuk KSM 2020 tingkat Nasional, Man Insan Cendekia Gowa mampu meraih medali emas bidang geografi, begitupun pada KSN 2019 tingkat kabupaten berhasil meraih medali emas pada bidang astronomi dan geografi. Pada POSI berhasil meraih medali emas pada bidang komputer, serta medali perak pada bidang komputer.

Proses penjaringan calon peserta didik yang memiliki potensi baik dari segi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan ini telah dimulai pada 11 Januari hingga 11 Februari 2021 melalui link http://emadrasah.kemenag/go/id/snpdb2021 dengan melengkapi sejumlah persyaratan yang ada.

Proses pendaftaran online yang berlangsung kurang lebih selama satu bulan ini, akan dilanjutkan dengan pengumuman seleksi berkas pada tanggal 16 Februari 2021 untuk jalur prestasi dan 22 Februari 2021 untuk jalur tes.

Berdasarkan jadwal yang telah ada, Computer Based Test (CBT) akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Februari 2021 yang terdiri atas tes bakat skolastik berupa kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian. Tidak hanya itu, tes akademik pun dilakukan meliputi bidang studi matematika, IPA (fisika dan biologi), bahasa inggris, pendidikan agama Islam, dan bahasa arab.

Dari keseluruhan tes yang akan dilaksanakan tersebut, pengumuman kelulusan akan disampaikan pada tanggal 16 Maret 2021 melalui akun masing-masing. Setelah memperoleh pengumuman, setiap peserta didik yang dinyatakan lulus harus melakukan daftar ulang sejak tanggal 22-31 Maret 2021 sebagai tanda kesiapan memasuki asrama pada tanggal 10 Juli 2021. (an).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed