IDI Sulselbar Salurkan Bantuan dan Dokter di Lokasi Bencana Sulbar

MAKASSAR,  BERITA-SULSEL.COM  – Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat tanggap bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 magnitudo di Sulawesi Barat dengan menyalurkan bantuan.

Sekertaris Umum IDI Sulselbar, Dr. dr. M. Amsyar Akil Sp.THT-KL (K) mengatakan, tahap pertama bantuan disalurkan kepada korban yang terdampak sangat parah.


“Update korban meninggal dunia akibat gempa M 6,2 yang terjadi pada Jumat dini hari di Provinsi Sulawesi Barat yakni sebanyak 46 orang,” ujar Dr. dr. M. Amsyar Akil Sp.THT-KL (K),” jelasnya,  Minggu, 17 Januari 2021.

Kata Dokter Amsyar, rombongan berangkat melalui darat,  dipimpin Ketua IDI Wilayah Sulselbar dr Muhammad Ichsan Mustari M Kes dengan membawa bantuan obat, minuman, makanan, selimut, bantal, masker, rapid test antigen dan juga mengirim dokter sekitar 30 orang.

Kata dia, pihaknya menurunkan dokter spesialis dan dokter umum. Sebab,   data yang diperoleh 37 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majane.

“Sehingga total 46 orang meninggal dunia,” katanya.

Sementara korban luka-luka sebanyak 826 orang. “Terdapat 415 rumah rusak di Mamuju, masih proses pendataan,” ujarnya.

Menurut Amsyar, komunikasi intens dilakukan dengan relawan dokter yang sudah tiba seperti IDI Kota Makassar serta IDI kota lainnya untuk mengetahui kebutuhan mendesak.

“Hasil itulah yang dibawa IDI Sulselbar dengan titik fokus bantuan di kecamatan Malunda. Daerah ini merupakan salah satu daerah yang mengalami dampak parah akibat gempa bumi di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat,” terangnya. (*)

Comment