Pemprov Sulsel Pulangkan 102 Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa Sulbar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil memulangkan 102 orang warga Jawa Timur dan Jawa Tengah melalui Lanud Hasanuddin, Kamis 21 Januari 2021. Hal tersebut berdasarkan laporan dari Plt Dinas Sosial Sulsel, Gemala Faoza.

Menurut Gemala Faoza, untuk sampai ke rumah masing-masing dari 54 orang warga Jawa Tengah (Jateng) dan 48 orang warga Jawa Timur (Jatim), Dinsos Sulsel sudah berkoordinasi dengan Dinsos Jatim, Jateng maupun kabupaten masing-masing di dua provinsi tersebut.


“Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan rencananya di tujuan nantinya rombongan pengungsi akan dijemput oleh gubernur masing-masing,” kata Gemala.

Diketahui, turut hadir pada acara pelepasan tersebut, Danlanud Hasanuddin, Kalaksa BPBD Sulsel, Kadis Perhubungan Sulsel, Kasat Pol-PP Sulsel, beserta pejabat lainnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, akan menanggung semua biaya kepulangan warga Jatim dan Jateng yang terkena dampak gempa bumi di Sulbar melalui jalur udara.

“Semua (Biaya) atas tanggungan pemerintah provinsi. Jadi kalau mereka bisa kembali ke kampung bertemu dengan keluarga, mungkin trauma itu bisa terobati. Saya juga tadi berdiskusi dengan semuanya para saudara-saudara kita dari Mamuju, mereka sebenarnya punya rumah juga di Jawa Timur, maupun yang Jawa Tengah,” tutupnya. (*)

Comment