Bantaeng Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19, Warga Diminta Tidak Panik

Bantaeng Bersiap Lakukan Vaksinasi Covid-19, Warga Diminta Tidak Panik

BANTAENG, BERITA-SULSEL.COM – Pemkab Bantaeng menggelar sosialisasi dan edukasi manfaat dan pentingnya vaksinasi Covid-19, di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Jum’at (22/1). Sosialisasi ini dihadiri oleh para tokoh agama, ulama, pimpinan pondok pesantren, ormas Islam dan pengurus MUI.

Sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Sekda Bantaeng, Abdul Wahab. Dia menjelaskan, kejadian Covid-19 masih tinggi terutama di kota-kota besar sehingga dibutuhkan upaya-upaya pencegahan terutama penegakan protokol kesehatan dan vaksinasi.


“Kegiatan sosialisasi vaksinasi Covid-19 ini adalah sangat penting dalam upaya mengedukasi masyarakat dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai bulan Februari 2021,” kata Abdul Wahab.

Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wula turut memberikan sambutan menjelaskan bahwa untuk mengatasi Covid-19 ini dibutuhkan peran lintas sektor dalam upaya pencegahan dan pengendaliannya.

“Marilah kita menyampaikan pesan ke masyarakat, janganlah larut dalam ketakutan terhadap vaksinasi Covid-19, karena vaksinasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar dan sudah terbukti aman serta telah mendapatkan sertifikat Halal dari BPOM dan MUI,” kata dia.

Kapolres Bantaeng, AKBP Rachmat Sumekar, juga turut memotivasi peserta sosialisasi untuk jangan ragu vaksinasi karena vaksin telah teruji di beberapa negara dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

“Vaksin ini telah diujikan di Indonesia, Turki dan Brazil dan memberikan hasil uji klinis yang baik,” jelas Rachmat.

Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah menegaskan, Covid-19 ini jangan menimbulkan rasa takut yang berlebihan terhadap diri kita masing-masing.

“Kita jangan sampai takut terhadap Covid-19 dan saya menyatakan siap menjadi orang pertama yang divaksin di Kabupaten Bantaeng,” kata Hamsyah.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan, yang menjadi narasumber teknis dalam kegiatan sosialisasi ini menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Vaksin Covid-19 ini diharapkan mampu memberikan tambahan tentara (daya tahan tubuh) bagi tubuh kita dalam melawan musuh (Covid-19), sehingga pada saat terpapar virus kita mampu melawan dan memberikan perlindungan spesifik bagi tubuh kita,” jelas dr Andi Ihsan.

Setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diharapkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam memaksimalkan upaya pencegahan terhadap virus corona.

“Meskipun sudah divaksin kita harus menerapkan protokol kesehatan dalam masa menunggu terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunitas di wilayah tersebut. Dibutuhkan cakupan minimal 80 persen untuk terbentuknya herd immunity ini,” kata Andi Ihsan. (*)

Comment