oleh

Ayo Kuliah di STIE Wira Bhakti Makassar, Tahun Ini Terima 500 Mahasiswa Baru

-Pendidikan-179 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru (Maba) tahun 2021. Kuota yang disiapkan tahun ini sebanyak 500 kursi untuk dua program studi (Prodi) yakni Akuntansi dan Manajemen.

Wakil Ketua I Bidang Akademik STIE Wira Bhakti Makassar, Dr Abdul Haris SE MSi mengatakan, jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini sangat terbatas. Prodi Akuntansi hanya menerima 150 mahasiswa baru. Sedang Manajemen 350 orang.



Menurut Dr Haris, pendaftaran mahasiswa tahun 2021 dibuka secara bertahap. Gelombang pertama dibuka mulai Januari hingga Maret.

“Pelajar yang baru saja menyelesaikan studi dan ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, STIE Wira Bhakti Makassar salah satu kampus yang direkomendasikan untuk kuliah,” ujarnya, Senin, 25 Januari 2021.

“Selain mengembangkan skil, di kampus ini mahasiswa juga dibimbing untuk mengambangkan minat dan bakat mereka. Khususnya dalam bidang ilmu ekonomi, yakni manajemen dan akuntansi,” tambahnya.

Pembatasan jumlah ini, jelas Dr Haris, bertujuan mendorong pemenuhan kualitas sumber daya manusia. Hal ini juga disesuaikan dengan rasio dosen dan fasilitas penunjang proses perkuliahan.

“STIE Wira Bhakti Makassar terus berbenah. Menciptakan sumber daya manusia yang handal dibidangnya. Siap kerja dan mengabdi kepada masyarakat. Khususnya dalam dunia kerja,” ujarnya,

Tantangan Golbal dan Nasional

Mempersiapkan kualitas yang baik, harus dimulai dengan mempersiapkan kualitas pendidikan dari pendidiknya. Hal inilah yang menjadi dasar STIE Wira Bhakti Makassar terus melakukan pembenahan. Baik fasilitas maupun sumber daya manusia dosennya.

Menurut Dr Haris, perkembangan teknologi, terutama informasi dan komunikasi merubah metode dan jangkauan pembelajaran. Perkembangan ekonomi berbasis pengetahuan. Bahkan merubah lingkungan kerja.

“Menghadapi semua ini dibutuhkan ketrampilan baru, multi-bahasa, kemampuan komunikasi, negosiasi, pemahaman budaya dan aturan. Sebab, kualitas tenaga kerja ditentukan kualitas pendidikannya. Hal ini menentukan daya saing setiap orang,” terangnya.

Akreditasi Prodi Nilai B dan Institusi

Sementara itu, Ketua STIE Wira Bhakti, Dr. Abdul Rahman, SE., MM mengaku saat ini pihaknya membina dua Prodi, yakni Akuntansi dan Manajemen. Kedua Prodi terakditasi dari BAN PT dengan nilai B.

Selain itu, STIE Wira Bhakti Makassar juga telah akreditasi secara institusi. Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan pihak di luar lembaga yang independen.

“Akreditasi upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja,” ujarnya.

Kata Abdul Rahman, BAN-PT adalah lembaga memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.

“Tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi untuk memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT. Sehingga, mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar,” ujarnya.

Selain itu, tambah Dr Abdul Rahman, akreditasi institusi juga mendorong perguruan tinggi atau STIE Wira Bhakti Makassar untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

“Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed