Yuk.. Lihat Keseruan Perayaan Imlek di Lima Negara Ini

Yuk.. Lihat Keseruan Perayaan Imlek di Lima Negara Ini

BERITA-SULSEL.COM – Meskipun perayaan tahun baru Imlek asalnya dari negeri Tiongkok, akan tetapi perayaan Imlek saat ini bukan hanya dirayakan di negeri Tiongkok. Di Indonesia dan di banyak negara-negara di dunia juga menggelar perayaan Imlek dengan meriah.

Di Indonesia sendiri, mulai banyak kota-kota yang menggelar acara perayaan tahun baru Imlek dengan meriah. Selain perayaan yang diadakan oleh pemerintah kotanya, juga perayaan yang diadakan oleh kelenteng-kelenteng dengan meriah dan melibatkan masyarakat umum.


Masyarakat Indonesia sendiri juga sudah terbiasa saling memberi ucapan selamat Imlek kepada teman atau koleganya yang merayakan tahun baru Imlek.

Sedangkan untuk negara-negara di luar negeri, berikut beberapa perayaan-perayaan Imlek yang ada di dunia:

1. Festival Tahun Baru Imlek di Dublin

Festival Tahun Baru Imlek di Dublin

Di ibukota Irlandia ini, perayaan Imlek dirayakan selama beberapa hari dengan mengadakan festival tahunan Tahun Baru Imlek. Festival tahun baru Imlek tidak hanya dirayakan dalam satu hari, tetapi hingga seminggu.

Acara festival tahun baru Imlek diisi dengan aneka kegiatan, seperti pertunjukan seni, diskusi, pameran, workshop, acara musik dan acara-acara untuk keluarga. Tema festival menyesuaikan tahun shio menurut kalender Tiongkok. Misalnya tahun ini shio kerbau, maka tema festival juga shio kerbau.

2. Parade Multikultural dan Festival Cahaya di Madrid

Parade Multikultural dan Festival Cahaya di Madrid

Parade jalanan di salah satu jalan utama Madrid menjadi pusat perayaan Imlek di Madrid, dengan barongsai sebagai pimpinan parade jalanannya. Selain parade, banyak acara yang diselenggarakan di Madrid selama sebulan di bulan perayaan tahun baru Imlek.

Dari pesta makanan dari Tiongkok hingga diskusi buku hasil karya penulis Tiongkok merupakan bagian dari kegiatan parade di Madrid. Dan festival cahaya dari lampu berwarna merah sebagai lambang penolak bala dan pembawa keberuntungan.

3. Perayaan Tahun Baru Imlek di London

Perayaan Tahun Baru Imlek di London

Perayaan tahun baru Imlek berpusat di Chinatown London. Pada hari perayaan, digelar panggung pertunjukan, parade di jalanan dan tidak lupa pertunjukan barongsai. Dan mengikuti kemeriahan acara, para pemilik toko di Chinatown juga menyediakan makanan khas tahun baru Imlek.

Acara perayaan tidak selalu digelar pada saat tanggal tahun baru Imlek, tetapi di akhir pekan sebelum atau setelah tahun baru Imlek, bila tanggal tahun baru Imlek tidak jatuh pada akhir pekan. Dan tema setiap tahunnya mengikuti shio dalam kalender Tiongkok.

4. Pesta Kembang Api dan Pertunjukan Cahaya di Dubai

Pesta Kembang Api dan Pertunjukan Cahaya di Dubai

Kota yang lebih banyak dihuni oleh warga negara asing dibanding penduduk aslinya dan juga sebagai salah satu destinasi wisata dunia, perayaan Imlek di Dubai dirayakan dengan meriah. Beberapa perayaan Imlek adalah pesta kembang api dan pertunjukan cahaya di Burj Khalifa.

Pesta kembang api diadakan pada malam tahun baru Imlek. Dan pesta kembang api ini bisa dinikmati sambil makan malam di resto-resto sekitar. Setelah pesta kembang api, dilanjutkan dengan pertunjukan cahaya dan laser Burj Khalifa selama 2 jam.

Masih banyak acara lain di Dubai dalam menyambut tahun baru Imlek, seperti lomba perahu naga oleh tim-tim dari banyak negara.

5. Perayaan yang Meriah di Kuala Lumpur

Perayaan yang Meriah di Kuala Lumpur

Dengan slogannya sebagai Truly Asia, Malaysia memiliki banyak komunitas masyarakat dari suku Tionghoa. Dan tahun baru Imlek sebagai perayaan terbesar masyarakat Tionghoa, dirayakan dengan sangat meriah di Malaysia.

Pertunjukan kembang api, pentas-pentas pertunjukan kebudayaan komunitas Tionghoa dan parade-parade barongsai di jalanan sangat banyak ditampilkan selama masa 15 hari perayaan Imlek hingga perayaan Cap Go Meh.

Comment