Kunker Diskominfo Enrekang di Gowa, Pelajari Koordinasi dan Kemitraan dengan Media

Kunker Diskominfo Enrekang di Gowa, Pelajari Koordinasi dan Kemitraan dengan Media

Kunker Diskominfo Enrekang di Gowa, Pelajari Koordinasi dan Kemitraan dengan Media

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Enrekang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka menguatkan pengetahuan terkait kordinasi dan kemitraan perusahaan media.

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Enrekang, Hasbar mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Gowa khususnya ke Diskominfo-SP Kabupaten Gowa untuk belajar terkait pemberitaan dan membangun kemitraan dengan media. Mulai dari media massa, media elektronik, terutama media online.


Apalagi saat ini di Kabupaten Enrekang diakui sudah banyak muncul perusahaan media online. Sehingga dirinya pun merasa perlu belajar terkait tips-tips dalam memilih media online untuk diajak bekerjasama dalam rangka menginformasikan ke masyarakat terkait kebijakan hingga pencapaian yang telah diraih pemerintah.

“Mengingat tahun ini kami baru pertama kalinya akan bekerjasama atau bermitra dengan media online. Makanya kami perlu banyak masukan,” katanya di sela-sela kunjungan, Senin (22/2).

Selain itu, pada kesempatan pihaknya juga mempelajari terkait prosedur dalam mendirikan radio tingkat daerah hingga infrastruktur jaringan yang dapat tersambung ke seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami memilih Kabupaten Gowa karenadaerah ini memiliki topografi yang sama dengan di Enrekang. Karena wilayah kami ada juga pegunungan jadi mirip dengan wilayah kami,” ujarnya.

Sementara, Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menjelaskan bahwa di Diskominfo-SP Kabupaten Gowa menjalankan empat bidang dengan program prioritas masing-masing. Dirinya menyebutkan untuk pemberitaan dan kemitraan dengan media dibawa Bidang Komunikasi Publik.

Dirinya menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan media. Baik media cetak, elektronik atau televisi maupun media online.

“Komunikasi dengan sejumlah media terus dijalin dengan baik hingga saat ini. Karena kami merasa pembangunan daerah akan berjalan dengan baik dengan dukungan dari media,” ujarnya.

Saat ini, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa juga telah mengelola media sendiri yaitu radio pada saluran Rewako100,4 Fm, dan media online pada situs rewako.id.

“Rewako FM telah berdiri sekitar 18 tahun, dan menjadi andalan kita untuk menyebar luaskan informasi dan progarm-program yang ada di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Sementara untuk infrastruktur jaringan yang ada di wilayah Ibukota Kabupaten Gowa, yakni Kota Sungguminasa sudah terkoneksi jaringan fiber optik. Sementara untuk dataran tinggi jaringannya menggunakan Base Transceiver Station (BTS).

“Jadi kita pakai repeater yang dipasang di tower-tower milik vendor yang kita ajak kerjasama,” ungkapnya saat menerima rombongan Diskominfo Kabupaten Enrekang di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa.

Arifuddin berharap hasil kunjungan kerja ini bisa bermanfaat bagi Kabupaten Enrekang maupun Kabupaten Gowa, serta terus dapat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik. (JN)

Comment