oleh

Curhatan DPRD Bone Soal BPJS Berakhir di Meja Penyidik Polres

-Daerah-611 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Pernah gelar rapat bersama DPRD Bone, Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan yang sempat diwarnai ketegangan karena adanya data tidak sesuai, kini malah berbuntut panjang.

Anggota DPRD Bone diduga “curhat” ke polisi hingga berujung pada pemanggilan resmi Unit Tipidkor Polres Bone kepada Kabid Anggaran BPKAD, Andi Iqbal Walinono dan Kabid Pelayanan Kesehatan, Rustam.

Ditemui di ruangannya, Jumat (26/2/21) sore, Kabid Yankes, Rustam, mengakui sudah memberikan keterangan kepada penyidik Unit Tipidkor Polres Bone, terkait penambahan data Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan sebanyak 60 ribu orang.

“Menurut dia (polisi, red), diributkan oleh DPR, mungkin melapor. Dia pertanyakan masalah peserta yang baru mendaftar, apa dasarnya Dinkes, jadi saya katakan kalau itu perintah undang-undang,” kata Rustam.

Dijelaskan Rustam, pada Peraturan Presiden Pasal 12 Nomor 82 Tahun 2018, disebutkan bahwa penduduk yang belum  terdaftar jaminan kesehatan bisa didaftarkan ke BPJS kesehatan oleh Pemerintah Provinsi atau Kabupaten.

Rustam mengaku, setiap masyarakat yang terdata punya surat keterangan tidak mampu dan mereka diterima sesuai kuota serta kemampuan keuangan daerah.

“Tahun 2019 itu jumlah peserta pernah 295 ribu orang, dana sharingnya provinsi 235 ribu, sekarang yang tersisa 238.051 orang.  Mereka pertanyakan penambahan 60 ribu peserta, dikiranya ada peserta terbayar, tidak ada orangnya,” tambah Rustam.

Terkait hal tersebut, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf, membenarkan adanya laporan masyarakat dan sudah ditindaklanjuti dengan memanggil Kabid Anggaran BPKAD Bone, Andi Iqbal Walinono.

“Ada laporan masyarakat, yang diperiksa baru itu Kabid Keuangan, Andi Iqbal, semua diperiksa nanti yang bidangi anggaran. Kami masih pengumpulan keterangan, nantilah kalau sudah agak terang sedikit” terang Ardy.

Diawal konfirmasi, Ardy sempat tidak mengakui telah meminta klarifikasi Rustam selaku Kabid Yankes Dinas Kesehatan,  namun setelah dikonfirmasi ulang, barulah Ardy membenarkan.

“Oh iya, sudah datang juga ya, klarifikasi kemarin kelebihan anggaran, kelebihan dana ya, apa kelebihan data, cari sendiri saja dulu” ujarnya. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed