Hadiri Pesta Panen, Bupati Luwu Serahkan Sertifikat Tanah 2.204 Persil

Hadiri Pesta Panen, Bupati Luwu Serahkan Sertifikat Tanah 2.204 Persil

LUWU, BERITA-SULSEL.COM – Sebanyak 2.204 persil pada 5 Desa di Kecamatan Walenrang Timur mendapatkan program sertifikat tanah melalui BPN Kabupaten Luwu. Sertifikat tanah tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Luwu, Basmin Mattayang pada pesta panen di Desa Taba, Kamis, (01/07/2021).

Camat Walenrang Timur, Ibrahim mengatakan, melalui program PTSL sebanyak 1.004 Persil tahun 2020, Desa Tabah melalui program Redis sebanyak 300 Persil tahun 2020, kemudian masih dalam proses untuk Desa Pangalli melalui program Radis sebanyak 300 Persil, Desa Suka Damai sebanyak 350 Persil, dan Desa Rantai Damai sebanyak 250 Persil.


“Juga ada beberapa aset Pemda yang telah disertifikatkan yakni 11 Sekolah Dasar, Kantor Camat Walenrang Timur, Kantor Puskesmas Walenrang Timur, dan lapangan sepak bola Andi Djemma Desa Tabah yang sudah bersertifikat melalui program Dinas Pertanahan Kab. Luwu,” jelas Ibrahim.

Selain sertifikat tanah, Bupati Luwu juga menyerahkan pompa air dan bibit jagung 3 ton yang diterima secara simbolis oleh petani wilayah Walenrang Timur.

Basmin Mattayang dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan pesta panen yang dilaksanakan di Kecamatan Walenrang Timur. Menurutnya, kegiatan itu bentuk pelestarian budaya luhur juga sebagai wujud kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat atas keberhasilan di sektor pertanian.

“Budaya luhur ini perlu tetap kita lestarikan sebagai bentuk rasa syukur atas berlimpahnya hasil alam yang dipanen dan semoga panen selanjutnya dapat meningkat,” ujar Basmin.

Seperti diketahui areal persawahan di Kecamatan Walenrang Timur merupakan salah satu wilayah dengan lahan pertanian terluas di Kabupaten Luwu yakni seluas 3.344 Ha. Hasil produktifitas padi permusim rata-rata mencapai 8 ton perhektar, perkebunan seluas 450 ha dan tambak seluas 1004 ha.

Basmin menyebutkan setiap tahun 30% anggaran Pemerintah Kabupaten Luwu diporsir untuk wilayah Walmas. Namun pembangunan masih kurang nampak dikarenakan luasnya wilayah ini.

Terkait pembangunan, Basmin bersama Ketua DPRD, Rusli Sunali yang turut hadir juga menjanjikan di tahun 2022 akan dianggarkan untuk pengerjaan jalan poros Walenrang Timur serta pembangunan jembatan antara Lamasi dan Walenrang Timur.

“Untuk membangun rumah-rumah ibadah akan kita programkan sesuai dengan kondisi keuangan daerah. Namun untuk permintaan kepala desa terkait pembangunan masjid, izinkan saya secara pribadi membantu Rp 20 juta,” imbuh Basmin.

Comment