oleh

Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Program PROSPER Gelar Lomba Kreasi CTPS Tingkat SD

-Daerah, News-115 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Dalam memperingati Hari Cuci Tangan se Dunia atau Global Hand Washing Day yang diperingati setiap 15 Oktober di mana untuk tahun ini mengambil tema “Masa Depan di Tangan Kita, Mari Bergerak Bersama”.

Program PROSPER (Promoting s Sustainable and Food Secure World) II kerjasama Cargill dan Care Internasional Indonesia menggelar Lomba Kreasi Pembuatan Tempat Cuci Tangan yang digelar serentak di 6 Sekolah Dasar Kabupaten Bone dan Sekolah Dasar Inpres 10/73 Watang Palakka Kec Tanete Riattang Barat menjadi pusat kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kab Bone, dr.Hj.Nurminah A.Yusuf, MARS, Rabu (27/10/2021).

Adapun ke 6 Sekolah Dasar yang dipilih untuk ikut lomba adalah SD Inp. 12/79 Seberang sebanyak 30 siswa, SD Neg. 163 Lalebata 42 siswa, SD Neg. 166 Turucinnae Kec Lamuru 36 siswa, SD Neg. 161 Masserengpulu 30 siswa, SD Inp. 5/81 Mattampawalie 30 siswa kelima SD tersebut berada di Kecamatan Lamuru (perbatasan Kab Soppeng) sedang satu SD yakni SD Inpres 10/73 Watang Palakka berada di Kecamatan Tanete Riattang Barat atau Kota Watampone.

Lola Amelia selaku projek Manager PROSPER menebutkan bahwa Cuci tangan Pakai Sabun adalah salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat. Program Prosper mempromosikan hal ini sejak awal yaitu sejak 2016. Situasi Pandemi Covid 19 membuat semua pihak menyadari betapa pentingnya CTPS untuk membentengi diri dari paparan virus. Semoga momen perayaan hari CTPS se dunia ini, bisa terus menjadi pengingat untuk tetap memastikan kebersihan tangan dan pada akhirnya menjamin kesehatan.

Kadis Kesehatan Kab Bone dr. Hj. Nurminah A. Yusuf, MARS saat membuka kegiatan

Sementara Kadis Kesehatan Kab Bone dr.Hj.Nurminah A.Yusuf, MARS dalam sambutanya sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan Mencuci Tangan adalah bagian penting yang harus dilaksanakan secara terus menerus khususnya dimasa Pandemi ini walau bukan hanya untuk mencegah penularan Covid 19 namun juga mencegah timbulnya penyakit akibat penularan lewat tangan lewat makanan yang dipegang tentunya

Lanjut dr Hj Nurminah sejak Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) diajarkan sejak usia dini akan menjadi kebutuhan sampai dewasa tentunya berharap lahir dari Sekolah dan berucap terima kasih kepada PT.Cargill dan Care Internasional Indonesia atas supportnya melalui Program PROSPER II di Kabupaten Bone dalam mewujudkan Sekolah Sehat dengan salah satu kegiatan Lomba Kreasi Tempat Cuci Tangan oleh Siswa dan Orang tua.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Bone dr Eko, Kepala Seksi Promkes dan PM Dinkes Bone, H.Marsuki, SKM., M.Kes, tim Care Bone dan Tim Juri 3 orang masing masing satu orang dari Dinkes Bone, satu dari Kecamatan Tanete Riattang Barat, dan satu dari Puskesmas Watampone serta Kepala Sekolah SD Inpres 10/73 Watang Palakka.

Adapun Kriteria Lomba yakni sarana yang dibuat berfungsi dengan baik dan kreativitas yang tinggi dan juga menyertakan pesan sehat pada Tempat CTPS dan mampu mempraktekkan langkah CTPS dengan baik dan benar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed