200 Camaba STIE Wira Bhakti Makassar Ikut Ujian Masuk PTS Gelombang Kedua

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – 200 calon mahasiswa baru (Camaba) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar mengikuti ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) gelombang kedua, Sabtu, 2 Juli 2022. Ujian masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan satu platform seleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ketua Yayasan Bakti Bumi Persada yang membina STIE Wira Bhakti Makassar, Drs Andi Mustaman MM mengatakan, masuk perguruan tinggi melalui jalur tes tulis bagi calon mahasiswa merupakan tahap penerimaan mahasiswa baru.


“Seleksi seperti membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya. Tes ini untuk mengukur kemampuan dasar calon mahasiswa pada program studi, yakni kemampuan penalaran yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar atau bidang sosial,” ujarnya.

Kata Aman, sapaan akrab Andi Mustaman, pihaknya membina dua program studi yakni Manajemen dan Akuntansi. Kedua Prodi ini telah terakreditasi dari BAN PT dengan nilai B.

200 Camaba STIE Wira Bhakti Makassar Ikut Ujian Masuk PTS Gelombang Kedua

“Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan pihak di luar yang independen,” ujarnya.

“Akreditasi sebagai upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja,” tambahnya.

Menjadi Universitas

STIE Wira Bahkti Makassar saat ini telah melakukan visitasi perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti menjadi Universitas Wira Bhakti Makassar. Hal ini dilakukan tim evaluasi kelembagaan Kemendikbud Ristekdikti.

Tim visitasi dipimpin Aulia Ni’matu Fajar dari Direktorat Kelembagaan Kemendikbud Ristekdikti bersama Leyla Nadia, Haryono Nugroho dan Ade Dwi Pradipta. Selain itu, ada juga Kepala LLDikti Wilayah IX.

“Baru baru saja melakukan visitasi perubahan bentuk. Semoga dalam waktu dekat ini sudah ada hasil,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua STIE Wira Bhakti Makassar, Dr Abdul Haris SE MSi mengatakan, pihaknya telah mengajukan permohonan untuk melakukan perubahan bentuk kampus dari Sekolah Tinggi (PT) menjadi universitas. Pelaksanaan visitasi yang dilakukan Kemendikbud Ristekdikti untuk mendegar presentasi dari pihak yayasan dan kampus. Termasuk melakukan evaluasi atau verifikasi lapangan.

“Tim visitasi hanya mencocokan data yang telah kami kirim. Jika ada kekurangan, maka akan dibenahi. Setelah itu kami ajukan kembali. Lalu menunggu hasilnnya,” ujarnya.

Kata Dr Haris, perubahan status dari sekolah tinggi menjadi universitas salah satu menjawaban tantangan persaingan di dunai pendidikan yang semakin ketat. Adanya perubahan status, STIE Wira Bhakti Makassar meningkatkan dari semua aspek, baik dari segi dosen, sarana dan prasarana serta kompetensi lulusan. Sebab, cakupan universitas lebih luas, mutunya juga akan semakin baik, dibanding status sekolah tinggi. (*)


Comment