MAN 1 Bulukumba Sukses Gelar ANBK Full Online

MAN 1 Bulukumba Sukses Gelar ANBK Full Online

BULUKUMBA, BERITA-SULSEL.COM — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023 dengan sistem full online. Sebanyak 50 peserta didik MAN 1 Bulukumba terlibat dalam ANBK ini.

ANBK tahun 2023 di MAN 1 Bulukumba, baik simulasi maupun utama dilaksanakan di bulan Agustus, adapun tempat pelaksanaan ANBK di terfokus di ruang laboratorium komputer.


Kepala MAN 1 Bulukumba, Syarifuddin mengatakan, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

“Ada 3 instrumen penilaian dalam ANBK yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi, numerasi, survey karakter, dan survey lingkungan belajar,” jelasnya. Senin, (28/8/2023).

Kepala Laboratorium Komputer MAN 1 Bulukumba, Arfandi Wahyu, menyampaikan, jumlah peserta ANBK di MAN 1 Bulukumba dengan rincian 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan, yang terbagi dalam tiga sesi.

Adapun peserta yang mengikuti ANBK dipilih oleh Kemdikbud dari aplikasi EMIS dan dipilih secara acak. peserta ANBK adalah peserta didik kelas XI.

“Kita telah melakukan persiapan yang matang dalam mensukseskan kegiatan ini, dimulai sejak awal bulan Agustus, dengan melakukan pengecekan kondisi seluruh perangkat pendukung, penggantian unit komputer, perbaikan jaringan, update exambrowser client, dan lainnya,” jelas pria penghobi ikan louhan ini.

Arfandi menambahkan, mode pelaksanaan ANBK ada 2 yaitu mode semi online dan mode online. MAN 1 Bulukumba memilih sistem full online.

“Kami lebih memilih mode online, dengan kerja sama seluruh panitia, dan warga madrasah, semuanya bisa terlaksana dengan baik,” tutupnya.


Comment