Wujudkan WBK dan WBBM, Kantor Pertanahan Luwu Utara Gelar Internalisasi Zona Integritas

Sukirman

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan Internalisasi Zona Integritas (ZI), Rabu (18/10/2023), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba.

Kegiatan ini diikuti seluruh jajaran Kantor Pertanahan Lutra, mulai pejabat struktural, fungsional, pengawas, sampai staf. 3 narasumber hadir dalam kegiatan ini, yaitu Pimpinan Cabang Bank Syariah Masamba, Sadly, serta perwakilan Pengadilan Negeri Luwu Utara, Radhingga Dwi Setiana.


Menariknya, Direktur Macca Indonesia Foundation, Haeril Al Fajri, juga turut hadir memberikan motivasi kepada para peserta Internalisasi ZI. Diketahui, Haeril adalah salah seorang motivator yang cukup dikenal di Tana Luwu.

Kegiatan Internalisasi ZI ini dibuka Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Luwu Utara, Sukirman, S.H., S.SiT. Dalam sambutannya, Sukirman, mengatakan bahwa kegiatan Internalisasi ZI sebagai upaya mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Kantah Luwu Utara.

“Kegiatan ini bersifat pengembangan zona integritas yang memang sangat penting karena merupakan komitmen kita untuk melaksanakan pengembangan zona integritas menuju WBK/WBN di Kantor Pertanahan Luwu Utara,” jelasnya.

Untuk itu, Sukirman berharap kepada seluruh peserta untuk dapat memahami semua materi yang diberikan para narasumber demi terciptanya pelayanan publik yang lebih baik. “Semua materi tentunya sangat bermanfaat sebagai motivasi dan bekal bagi kami untuk mencapai predikat WBK-WBBM,” harap dia.

“Oleh karena itu, saya berharap jajaran Kantor Pertahanan Luwu Utara betul-betul mengikuti dengan penuh perhatian dan kita berkomitmen untuk meningkatkan penghayatan dan pendalaman kita dalam melaksanakan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya,” harapnya lagi.

Lanjut dia mengatakan bahwa menjadi sangat penting bagi Kantor Pertanahan untuk senantiasa menjaga ritme pelayanan publik, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dengan baik.

“Pelayanan publik di bidang pertanahan memang selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai SOP, karena memang menjadi tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sukirman juga tak lupa menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh narasumber yang bersedia hadir memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada jajaran pegawai di Kantor Pertanahan Luwu Utara.

“Terima kasih kepada para pemateri atas kehadirannya. Semoga teman-teman jajaran Kantor Pertanahan Luwu Utara dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian serta berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara, Adnin, S.ST., menyebutkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi di Kantor Pertanahan Luwu Utara melalui reformasi birokrasi, khususnya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Zona Integritas ini merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat dan profesional,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Kantah Lutra telah melaksanakan beberapa kegiatan pengembangan zona integritas di 2023. Di antaranya: membentuk tim kerja, penandatanganan pakta integritas, penyusunan dokumen rencana aksi, peningkatan kualitas sarana dan prasarana pelayanan publik di loket pendaftaran, melaksanakan pelatihan servis excellent, serta menyusun inovasi layanan pertanahan Sistem Informasi Tanda Batas alias SINTA.

Comment