Komunitas Kesehatan Makassar Gelar Bakti Sosial di Kampung Nelayan

Foto Bersama. Komunitas Kesehatan Makassar gelar bakti sosial Kota Vol. 1 di Kampung Nelayan, Kelurahan Tallo, Kota Makassar, Ahad, 3 Desember 2023. Foto : ist

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Komunitas Kesehatan Makassar (Inhesty) bersama Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) dan Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) serta volunteer dari berbagai jurusan kembali melaksanakan pengabdian masyarakat dengan konsep bakti sosial (Baksos) Kota Vol. 1 di Kampung Nelayan, Kelurahan Tallo, Kota Makassar.

Mengusung tema “Bersama Inhesy, Masyarakat Sehat, Indonesia Sejahtera”, Inhesty melaksanakan pada tanggal, Ahad, 3 Desember 2023. Inhesty dan kolaborator lainnya memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, edukasi kesehatan, pelayanan fisioterapi dan pemeriksaan gigi dan mulut.


Ketua panitia baksos kota Vol.1, Dheny Anungrah J mengatakan, bakti sosial yang dilakukan pihaknya bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus implementasi dari ilmu kesehatan yang dimiliki oleh anggota Komunitas Kesehatan Makassar.

Selain itu, jelas Dheny, tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan kembali masyarakat pentingnya melakukan pemeriksaan secara rutin agar terhindar dari penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia, hipereusemia, dan lain-lain.

“Masyarakat juga dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit sedini mungkin. Sasaran pemeriksaan kesehatan ini untuk seluruh warga tanpa ada batasan usia,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya disambut baik warga. Pasalnya, kegiatan seperti ini jarang dilaksanakan secara gratis. Biasanya pemeriksaan kesehatan seperti ini mereka dapatkan di pelayanan kesehatan yang berbayar.

“Adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Inhesty dan teman-teman organisasi tentunya sangat menarik perhatian warga untuk memeriksakan kesehatannya. Saking antusiasnya dengan kegiatan ini, masyarakat banyak yang tidak dapat tempat duduk dan harus berdiri menunggu antriannya,” terangnya.

Kata Dheny, kegiatan ini merupakan Baksos Kota perdana di Makassar. “Ada beberapa item dari kegiatan kami, seperti penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, pelayanan fisioterapi, pemeriksaan gigi dan mulut, pemberian bingkisan ke anak kecil dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

“Saya berharap, kegiatan ini nantinya dapat berkelanjutan pada volume-volume selanjutnya. Insyaa Allah, lelahnya teman-teman relawan kali ini nantinya akan menjadi lillah dikemudian hari,” tutupnya. (*)

Comment