Empat Partai di DPRD Makassar Bentuk Fraksi Gabungan

Adi Rasyid Ali

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Empat partai politik di Makassar, yaitu Partai Demokrat, PAN, Hanura, dan Perindo, telah sepakat untuk membentuk fraksi gabungan di DPRD Makassar. Keputusan ini diambil setelah pemilu 2024, di mana perolehan suara dan kursi masing-masing partai mengalami penurunan.

Ketua DPC Partai Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali, menjelaskan bahwa keempat partai tersebut tidak memenuhi syarat untuk membentuk fraksi sendiri, sehingga berkoalisi dan bergabung menjadi solusi. “Di Pileg 2024 ini suara partai kita tidak cukup membentuk fraksi karena alami penurunan, sehingga berkoalisi dengan partai lainnya memungkinkan,” ujarnya.


Fraksi gabungan ini terdiri dari Partai Demokrat yang meraih 3 kursi (turun dari 6 kursi sebelumnya), PAN (3 kursi), Hanura (2 kursi), dan Perindo (1 kursi).

Adi Rasyid Ali, yang juga Wakil Ketua DPRD Makassar, mengatakan bahwa penurunan suara Demokrat cukup signifikan. Ini adalah pertama kalinya Demokrat menjadi bagian dari fraksi gabungan setelah pemilu 2024, mengalami penurunan dari 6 kursi menjadi 3 kursi.

Anggota DPRD Makassar, Ray Suryadi Arsyad, yang sudah dipastikan kembali ke DPRD Makassar, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan tiga partai lainnya yang akan mencari koalisi fraksi di DPRD. Dari empat gabungan partai tersebut, bisa terbentuk 2 fraksi tambahan dan bisa juga menyatu menjadi satu fraksi


Comment