Disdukcapil Luwu Utara Siap Ganti Dokumen Kependudukan yang Basah atau Rusak Akibat Terkena Banjir

Muhammad Kasrum

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Intensitas curah hujan yang begitu tinggi saat ini di sejumlah wilayah di Indonesia menyebabkan beberapa daerah terdampak bencana banjir.

Air hujan yang deras menghunjam bumi sebagian menggenangi rumah-rumah warga, utamanya pemukiman warga yang padat penduduk. Akibatnya, banyak harta benda, termasuk dokumen kependudukan menjadi rusak atau basah akibat terendam banjir.


Kejadian ini juga menimpa sebagian wilayah di kabupaten Luwu Utara. Nah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) langsung mengambil langkah cepat dengan bersedia mengganti dokumen kependudukan warga, baik itu KTP, KK, dan dokumen kependudukan lainnya yang rusak, basah atau hilang akibat terkena atau terendam banjir.

Kadis Dukcapil Luwu Utara, Muhammad Kasrum menyanggupi hal tersebut. Melalui akun Facebook pribadinya, Kasrum mengonfirmasi kesiapan Disdukcapil untuk mengganti dokumen kependudukan milik warga yang rusak/basah/hilang akibat terkena banjir.

“Sahabat Dukcapil yang saya hormati, sehubungan adanya banjir di beberapa wilayah Luwu Utara, maka diinformasikan kepada sahabat Dukcapil yang dokumen identitas kependudukannya basah, hilang atau rusak untuk segera melaporkan melalui kepala desa masing-masing untuk dibuatkan dokumen yang baru,” tulis Kasrum dalam akun Facebook-nya.

Ia juga menyarankan kepada warga agar menghubungi nomor handphone 0813 3366 6220 jika mengalami kendala, seperti rumah yang jauh dari kantor desa.

Dengan menghubungi nomor tersebut, ia berharap agar warga segera mendapatkan pengganti dokumen kependudukan yang rusak atau basah atau hilang akibat terkena banjir.

Kebijakan yang dikeluarkan Kadis Dukcapil ini mendapat respon positif dari warganet. Kebanyakan memuji langkah yang diambil Kasrum. Salah seorang warganet, Ida Dakhlan menulis, “Mantap, andaikata semuanya bisa bersinergi seperti cara/etos kerjanya kita sukses selalu.”

Senada Ida, warganet lain, Ahmad, juga memuji langkah Kasrum. “Mantap, luar biasa bentuk pelayanannya Pak Kadis,” tulis dia.

Nasaruddin Gau, warganet lainnya, juga tak ketinggalan memuji mantan Asisten Administrasi Umum tersebut. “Mantap Pak Kadis. Ini namanya pelayanan prima,” tulisnya.


Comment