Pemkot Parepare Dukung Pelaksanaan Sertifikat Tanah Elektronik

Pemkot Parepare Dukung Pelaksanaan Sertifikat Tanah Elektronik

PAREPARE, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mendukung penerapan Sertifikat Tanah Elektronik yang diluncurkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI.

Dukungan itu, diungkapkan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali saat menghadiri peluncurkan Implementasi dan Penyerahan Sertifikat Elektronik dalam dalam rangka kunjungan kerja Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kota Makassar beberapa hari yang lalu.


Dalam kesempatan itu, Akbar Ali mengemukakan, Sertifikat Tanah Elektronik ini bagi masyarakat dapat mengurangi risiko kehilangan, pencurian serta kerusakan.

Termasuk kata dia, dapat memperkuat kepastian hukum sehingga menghindarkan konflik dan sengketa tanah.

“Bagi sisi pemerintahan dapat memudahkan pengelolaan data, menghemat biaya transaksi dan meningkatkan kerahasiaan serta keamanan data,” kata Akbar Ali.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Agraria dan Tata Ruang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.


Comment