Hadiri Penamatan Santri TPA Al Birru Manittaqaa Desa Baloli, Suaib: Terus Hidupkan TPA

Hadiri Penamatan Santri TPA Al Birru Manittaqaa Desa Baloli, Suaib: Terus Hidupkan TPA

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Wakil Bupati Kabupaten Luwu Utara, Suaib Mansur, menghadiri acara Penamatan Santri TPA/TQA Al Birru Manittaqaa Desa Baloli, Masamba, Rabu (1/5/2024).

Dalam sambutannya, Wabup Suaib Mansur, mengatakan bahwa keberadaan TPA di kabupaten Luwu Utara, khususnya desa Baloli, dapat membangkitkan minat baca Al Quran.


“Saya yakin, salah satu yang paling penting bagi kita umat islam adalah bagaimana mengenal, membaca, serta mempelajari Al Quran ini sebanyak-banyaknya,” kata Suaib.

Suaib Mansur berharap, TPA terus menunjukkan eksistensinya dalam mencetak para generasi Qur’ani agar tidak jauh dari Al Quran, serta dapat menjaga perilaku dan ucapannya.

“Jangan berhenti sampai di sini saja. TPA harus mencetak generasi Qur’ani. Ini tahap awal, tetapi setelah tamat, usahakan tetap belajar di rumah atau TPA lanjutan,” harapnya.

Mantan Kepala Dinas PUPR ini juga meminta para alumni TPA untuk tidak bosan mempelajari Al Qur’an. “Masih banyak yang perlu kita pelajari dalam Al Quran,” terangnya.

“Tetapi, karena kesadaran, kemauan, dan mungkin juga dorongan dari orang-orang di sekitar kita, kita berhasil mempertahankan kemampuan membaca kita,” sambung dia.

Tak sekadar membaca Al Qur’an saja, Suaib Mansur juga berharap para santri ini dapat juga memahami makna dan mengamalkan isi dari kandungan Al Qur’an itu sendiri.

“Tidak hanya sekadar tahu membaca Al Quran saja, tetapi juga bagaimana kita memahami isi dari kandungan Al Quran itu sendiri,” jelas orang nomor dua di Luwu Utara ini.

“Al Quran adalah bekal kita di akhirat kelak. Jadi, betapa penting kehadiran TPA ini, betapa penting menghidupkan TPA ini, dan betapa penting mendukung keberlanjutannya,” harapnya.

Untuk itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pengelola TPA, para guru mengaji, serta teristimewa para santri yang membuat TPA ini terus hidup dan berkembang.

“Sebagai pemerintah, saya tentu berterima kasih kepada Pemerintah Desa Baloli, dan semua yang terlibat dalam TPA, dan paling penting, bagaimana mengekalkan aktivitas kita di TPA ini agar tidak sepi. Selamat kepada kita semua, selamat juga kepada para orang tua santri,” tandasnya.


Comment