Pasinrilik dan Paddekko Meriahkan Pesta Panen Rakyat di Pattalassang

Andi Pangerang

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Banyak cara dilakukan untuk mensyukuri nikmati yang diberikan sang khalik kepada hambanya. Seperti yang dilakukan puluhan petani di desa pattallassang, kecamatan pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulsel, dengan menggelar pesta panen Paddekko dan Pasinrilik.

Acara adat yang menampilkan pementasan seni budaya khaa suku Makassar ini berlangsung begitu semarak dan meriah, apalagi acara pesta panen yang digelar puluhan petani di desa pattallassang ini disaksikan banyak orang.


Berbagai acara budaya ditampilkan pada pesta musiman tersebut, seperti paddekko atau menumbuk padi dengan menggunakan assung atau lesung.

Bukan hanya dilakukan oleh ibu-ibu, namun juga dilakukan oleh kaum laki-laki.

Selain paddekko, kemeriahan pesta panen juga terlihat saat memainkan musik tradisional sinrilik.

Pesta panen ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur petani kepada penciptanya atas melimpahnya hasil bumi mereka tahun ini.

Setelah melakukan kegiatan pesta panen, para petani pun langsung menikmati makanan hasil bumi mereka secara bersama-sama.

Camat Pattalassang Andi Pangerang saat menyampaikan sambutan mengatakan acara ini digelar setelah warganya yang didominasi sebagai petani usai panen besar-besaran.

Pesta panen ini kata dia, digelar dari hasil gotong royong masyarakat sekitar yang telah menikmati hasil buminya sebagai petani. (an).


Comment