Ikut Bimtek, Kades di Bone Siap-Siap Berhadapan Mabes Polri dan Kejagung

Ilustrasi

BONE, BERITA-SULSEL.COM-– Pelaksanaan bimtek selama 3 hari di Four Points by Sheraton Hotel Makassar yang dihadiri ratusan Kades dari 3 Kabupaten di Sulawesi Selatan, termasuk Kabupaten Bone, berbuntut panjang usai viral karena keberadaan rombongan Kades asal Bone di Tempat Hiburan Malam (THM).

Bukan tentang keberadaan para Kades di THM, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa, Luthfy Latief, justru menyoroti kehadiran para Kepala Desa dalam kegiatan bimtek tersebut. Menurutnya, hal itu tidaklah sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 Tahun 2023.


“Dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 Tahun 2023 telah menyebutkan bahwa penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk mendanai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Dana Desa tidak dapat digunakan untuk Bimtek bagi Kepala Desa atau Perangkat Desa,” ujarnya.

“Kegiatan peningkatan kapasitas menggunakan Dana Desa hanya boleh untuk masyarakat desa yang dilaksanakan secara swakelola, misalnya pengembangan kapasitas ekonomi produktif dan kewirausahaan masyarakat Desa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dan bertempat di desa setempat,” terang Luthfy.

Ditambahkan bahwa Kemendes telah mengutus Staf Internal Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa berkunjung ke Kabupaten Bone untuk menggali lebih jauh tentang pelaksanaan bimtek tersebut dan mendetailkan berita-berita yang beredar.

“Kami akan ketemu Dinas setempat dan sampling beberapa kades. Hasilnya nanti, jika dianggap perlu, kami akan bawa ke Rapat Tim Jaga Desa yang beranggotakan Kejaksaan Agung dan Mabes Polri”, tutupnya. (eka)


Comment