Kemendes Kunjungi Bone Terkait Bimtek Kades di Makassar

ilustrasi

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Kontroversi pelaksanaan Bimtek sejumlah Kepala Desa asal Kabupaten Bone di Makassar, kini menjadi perhatian Kementerian Desa usai viral rombongan Kades asal Bone sedang berada di Tempat Hiburan Malam (THM).

Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa, Luthfy Latief, melalui pesan WhatsApp, Minggu (12/5/24) siang, mengatakan pihaknya sedang dalam perjalanan ke Bone untuk menggali informasi lebih dalam terkait pelaksanaan Bimtek yang digelar selama 3 hari di Four Point by Sheraton Hotel Makassar, pada 8 Mei hingga 10 Mei lalu.


“Hari ini tim kami sedang otw dari Makassar ke Bone, akan mencari informasi terkait masalah di Bone,” ungkap Luthfy.

Luthfy menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan bimtek telah diantisipasi melalui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2023 dengan melarang perjalanan dinas pemerintah desa diluar Kabupaten atau kota setempat menggunakan dana desa.

“Kalau mau mau berkoordinasi keluar Kabupaten/Kota setempat, silakan menggunakan Dana selain Dana Desa,” tegasnya.

Dari informasi yang diterima, setidaknya sekitar 100 Kepala Desa di Kabupaten Bone menghadiri acara bimtek yang dilaksanakan oleh PT Putri Dewani Mandiri dengan membayar sebesar Rp5 juta untuk tiap peserta. Bimtek yang digelar selama 3 hari tersebut menghadirkan pemateri dari Kemendagri, Polda Sulsel, Kejati Sulsel dan pihak Panitia penyelenggara. Selain Bone, juga diperoleh informasi ada 2 Kabupaten lain yang ikut dengan jumlah peserta keseluruhan sekitar 600 orang. (eka)


Comment