PJ Sekda Pemkot Makassar Dampingi PJ Gubernur Susel Tinjau Lahan Lokasi Pembangunan Stadion

PJ Sekda Pemkot Makassar Dampingi PJ Gubernur Susel Tinjau Lahan Lokasi Pembangunan Stadion

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Perencanaan pembangunan Stadion baru di wilayah Gor Sudiang dipastikan akan segera terlaksana.

Hal itu diperkuat dengan dirilisnya desain stadion baru yang rencananya akan berstandar FIFA oleh Kementerian PUPR melalui akun instagram resminya pada tanggal 25 April 2024 lalu.


Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar pun ikut berkomitmen dan berkolaborasi mewujudkan harapan para warga Kota Makassar itu.

Karenanya, PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mendampingi langsung PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin meninjau lahan kawasan pembangunan stadion baru, di Gor Sudiang, Minggu, (12/05/2024).

Pada tinjauan tersebut PJ Sekda memantau beberapa hal seperti jalur masuk yang akan dibangun sebagai tanggung jawab Pemkot Makassar, amdalalin dan kawasan-kawasan yang membutuhkan revitalisasi.

“Hari ini kita meninjau lahan yang akan dibanguni Stadion Baru untuk warga Kota Makassar. Kita tinjau bersama pak PJ Gub. Ini dikarenakan dalam waktu dekat kami akan memperbaiki infrastruktur jalur masuk ke arah stadion baru ini,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkot Makassar pun mendukung program strategis yang diatensi langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Kami baru-baru sudah musrenbang dan saya mengingatkan seluruh OPD terkait memasukkan dalam anggaran untuk pembangunan stadion baru itu. Alhamdulillah itu menjadi salah satu pembangunan prioritas,” tuturnya.

“Rencananya pembangunan fisik infrastruktur jalannya ini dimulai pada Juli 2024 tahun ini,” ungkap Firman.

Sementara, PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menuturkan kehadirannya hari ini untuk meninjau sekaligus mengevaluasi dari waktu ke waktu. Apalagi saat ini tim dari PUPR sudah turun mengecek kondisi lahan.

“Pada musrebangnas kemarin program pembangunan stadion ini masuk dalam dokumen perencanaan. Jadi artinya ini dipastikan anggarannya ada melalui PUPR. Progressnya semakin jelas,” ujarnya.

Kata Bahtiar, area stadion ini akan menjadi kawasan kota baru di kota Makassar dan apalagi akan ada akses tembusan langsung ke arah Maros.

“Sekaligus mendukung kawasan mamminasata. Lima tahun kedepan ini menjadi kota baru dengan kawasan olahraga yang hijau. Disini nanti pusatnya tempat olahraga. Kita akan fungsikan kembali juga ini area cabor-cabor yang saat ini tidak berfungsi seperti kolam renang,” sebutnya.

Diketahui, Pemprov sendiri menyiapkan lahan sebesar 20 hektare untuk pembangunan stadion baru secara keseluruhan.

“10 Hektare sudah cukup sebenarnya. Tapi kita siapkan 20 Hekatare. Jadi nanti kita ini mau buat nyaman. Mulai dari parkiran, penghijauan, dan tempat ngumpul para supporter dan masyarakat yang datang ke Gor,” pungkasnya. (*)


Comment