Hadirkan Inovasi Ketahanan Pangan, Bapemperda DPRD Sulsel Kunker ke Perseroda Jakarta

Hadirkan Inovasi Ketahanan Pangan, Bapemperda DPRD Sulsel Kunker ke Perseroda Jakarta

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan kerja ke PT Food Station Tjipinang Jaya di Provinsi DKI Jakarta. Senin, (13/5/2024).

Kunker ini dipimpin langsung Rudy Pieter Goni selaku Ketua Bapemperda didampingi Wakil Ketua dan segenap Anggota Bapemperda DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.


Turut hadir pihak dari Pemerintah Daerah yang mendampingi Bapemperda antara lain Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Biro Hukum Setda Sulsel.

Pertemuan yang dilaksanakan di Kantor Rice Plant Cipinang PT Food Station ini diterima langsung oleh Bapak Ronny Lisapaly selaku Direktur Operasional & Bisnis dan didampingi Muhammad Ghazali Malik selaku Kepala Divisi Supply Chain PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda).

Rudy Pieter Goni menyampaikan, kehadiran pihaknya guna mendapatkan informasi dan sharing pendapat pengajuan Rancangan Perda di Luar Propemperda Tahun 2024 yaitu Rancangan Perda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi.

Ranperda ini, nantinya akan mengatur hal-hal yang terkait dengan pengadaan dan pengelolaan pangan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kita mengharapkan adanya informasi untuk memperkaya khazanah dari Ranperda berkaitan dengan apa yang menjadi capaian PT Food Station sebagai pilar ketahanan pangan di Provinsi DKI Jakarta,” ujar RPG, sapaan akrabnya.

“Seperti yang kita ketahui, penyelenggaraan cadangan pangan di Provinsi DKI Jakarta dikelola PT Food Station Tjipinang Jaya, sebuah BUMD yang bergerak dalam bidang distribusi, penjualan, jasa pergudangan, dan pengangkutan bahan pangan,” ujarnya.

“PT Food Station Tjipinang Jaya memiliki peran dan fungsi strategis sebagai pilar ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sebagai pusat pilar ketahanan pangan pokok yang mencakup antar daerah dan antar pulau, serta menjadi instrumen pemerintah untuk mengendalikan harga beras di DKI Jakarta dan menjadi acuan harga bagi pasar beras nasional,” tambahnya.

Direktur Operasional & Bisnis PT Food Station Tjipinang Jaya, Ronny Lisapaly menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan Bapemperda DPRD Sulsel.

Kata dia, adanya sharing pendapat ini menjadi hal yang baik dalam rangka penyelenggaran cadangan pangan pemerintah provinsi. PT. Food Station dalam menjalankan kegiatan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola korporasi yang baik dengan menerapkan prinsip – prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang juga tertuang dalam nilai-nilai perusahaan yaitu Integritas, Profesional, Inovatif, Pelayanan Prima dan Kolaborasi sehingga Perusahaan dapat berdaya saing yang tinggi di dalam era globalisasi.

Pengalaman lebih dari 50 tahun, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) berkomitmen menjalankan bisnisnya secara profesional dan penguasaan teknis yang tinggi. Hal ini dimulai dari kegiatan hulu sampai hilir.

Potensi lahan pertanian Indonesia yang besar dikelola secara serius, dimana saat ini PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menjadi salah satu pengelola Kawasan Pangan Nasional.

Sektor hilir PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) meliputi kegiatan pendistribusian pangan dan komoditi lainnya, penyewaan pertokoan dan pergudangan serta pergudangan dalam sistem resi gudang.

“Berorientasi pada kepentingan pelanggan juga merupakan suatu hal yang menjadi komitmen PT Food Station Tjipinang (Perseroda), agar dapat berperan dalam memberikan nilai tambah bagi kemajuan dan pendapatan asli daerah serta peningkatan pendapatan khususnya bagi Petani,” ucap Ronny.


Comment