Pemkab Gowa Tingkatkan Pemanfaatan Kanal Pengaduan SP4N LAPOR!

Pemkab Gowa Tingkatkan Pemanfaatan Kanal Pengaduan SP4N LAPOR!

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen meningkatkan pelayanan terhadap seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya melalui peningkatan pemanfaatan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang merupakan kanal pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara nasional dengan melibatkan masyarakat di kecamatan yang disebut Sahabat LAPOR!.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa bekerjasama dengan USAID ERAT melaksanakan Pelatihan Sahabat LAPOR! di Ruang Rapat Kantor Bappeda, Selasa (14/5).


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan meningkatkan pemanfaatan aplikasi SP4N LAPOR! oleh masyarakat bukanlah sekedar sebuah platform, tetapi sebuah inovasi yang telah melangkah lebih jauh untuk memperkuat keterlibatan masyarakat dalam memajukan kabupaten Gowa menuju arah yang lebih baik.

“Pelatihan Sahabat LAPOR! ini menjadi bukti konkret dari komitmen kita bersama untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Melalui pelatihan ini kita tidak hanya memberikan keterampilan teknis kepada peserta, tetapi juga menanamkan semangat kolaborasi, partisipasi, dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberhasilan dan keberlanjutan inovasi ini,” katanya.

Sujjadan menyebut, Sahabat LAPOR! merupakan ujung tombak dari perubahan yang ingin dicapai bersama. Menurutnya dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pola latihan, pihaknya yakin Sahabat LAPOR! akan menjadi agen perubahan yang efektif, dalam peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

“Sahabat LAPOR! adalah garda terdepan dalam menyebarkan informasi, memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam mengawal pelaksanaan pelayanan publik yang merata dan inklusif di Kabupaten Gowa yang kita cintai, karena ini merupakan inovasi yang memberdayakan pemuda milenial sebagai agen LAPOR! di setiap kecamatan yang menghubungkan kepentingan pemerintah, dan masyarakat dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik,” jelasnya.

Ia berharap pelatihan ini akan bermanfaat bagi seluruh pihak, khususnya akan meningkatkan kapasitas Sahabat LAPOR! dalam menggunakan dan memanfaatkan platform SP4N LAPOR! dengan lebih efektif, serta mereka akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pelaporan dan penyelesaian masalah di tingkat lokal.

“Dengan adanya Sahabat LAPOR! yang terlatih diharapkan akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini akan memungkinkan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dengan adanya pelaporan yang lebih cepat dan akurat yang akan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Gowa,” harap Sujjadan.

Sementara Laporan Panitia yang juga Kepala Bidang komunikasi Publik Dinas KominfoSP Kabupaten Gowa, Dhyni Widyaswari Dwiputri mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman Sahabat LAPOR! mengenai pengelolaan pengaduan dan relevansinya dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, termasuk standar pelayanan dan implementasinya.

“Juga dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan menggunakan aplikasi SP4N LAPOR!, membangun komitmen bersama antara Sahabat Lapor dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa, Pemerintah Kecamatan serta SKPD Terkait yang merupakan penanggungjawab Pengelola SP4N-LAPOR! Kabupaten Gowa serta merumuskan target kinerja Sahabat LAPOR!,” ungkapnya.

Lebih jauh dirinya menyampaikan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga besok dengan peserta berjumlah 32 orang pada hari pertama dan 52 orang pada hari kedua yang merupakan peserta dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gowa, Dinas Komunikasi dan Informatika, Stantistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Sahabat Lapor 18 Kecamatan, Perwakilan OPD yang diundang serta Tim USAID ERAT.(an).


Comment