Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIP Sulawesi Bersama Puluhan Komunitas Laksanakan Aksi Bersih dan Olah Sampah

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi bersama Yayasan Konservasi Laut (YKL) Indonesia dan 22 lembaga kolaborator akan melaksanakan aksi bersih pantai dan olah sampah di Pantai Layar Putih, Kota Makassar pada Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dan merupakan bagian dari program Employee Volunteering Program PT PLN (Persero) untuk meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan.


Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, Nur Akhsin menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata PLN terhadap upaya pelestarian lingkungan khususnya wilayah pesisir dan laut bersama dengan berbagai pihak.

“Kegiatan ini merupakan dukungan kepada pemerintah terhadap komitmen dalam upaya eliminasi sampah plastik hingga 70% di tahun 2025 serta dukungan pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs 12 yakni Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Sementara Direktur Eksekutif YKL Indonesia, Nirwan Dessibali menyampaikan kegiatan ini akan diikuti kurang lebih 250 orang “Selain pegawai PLN, nantinya akan melibatkan pula dari pihak pemerintah setempat, komunitas, lembaga swadaya masyarakat, masyarakat umum dan berbagai pihak lainnya.”

Ia melanjutkan aksi bersih pantai dan pengolahan sampah juga akan menjadi wadah untuk terus melakukan kampanye terhadap pelestarian lingkungan khususnya di wilayah pesisir dan laut dari bahaya sampah khususnya plastik.

“Seluruh peserta tidak hanya akan membersihkan pantai, tapi akan juga dilakukan pemilahan sampah berdasarkan jenis untuk selanjutnya diolah menjadi barang bernilai guna serta diserahkan ke bank sampah. Kami akan maksimalkan sampah yang terkumpul tidak berakhir di TPA,” jelas Nirwan.


Comment