Pemkot Parepare Apresiasi Pembentukan PPDI

Pemkot Parepare Apresiasi Pembentukan PPDI

PAREPARE, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare mengapresiasi pembentukan Organisasi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) yang ditandai dengan suksesnya musyawarah cabang (muscab) di Ruang Seduh Coffee, pada Rabu, 5 Juni 2024.

Apresiasi itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali melalui Kepala Dinas (Kadis) Sosial Andi Erwin Pallawarukka pada kegiatan musyawarah cabang (muscab) dan pembentukan Organisasi (PPDI).


Pembentukan PPDI itu pertama kali diprakarsai oleh LSM Lingkar Hijau, yang dihadiri Wakapolsek KPN, IPTU H Andi Arwan Tenrioddang, Sekjen DPP PPDI, Muslim Sapri, Ketua DPD PPDI Provinsi Sulawesi Selatan, Luffy, Ketua Lingkar Hijau, Ikbal Rahim Gani.

Dalam kesempatan itu, Andi Erwin mengatakan Muscab ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai salah satu sarana evaluasi dan penyampaian program kerja untuk menyamakan persepsi serta sinergitas.

“Diharapkan para pengurus PPDI mampu melahirkan pemikiran -pemikiran yang segar, serasi dengan tuntutan kemajuan serta mempunyai manfaat langsung bagi peningkatan peran penyandang disabilitas dan secara umum bermanfaat bagi Kota Parepare,” katanya.

Erwin juga menuturkan bahwa Pemerintah Kota Parepare akan mendukung semangat penyandang disabilitas atau difabel dalam berkiprah di berbagai bidang kehidupan dalam bermasyarakat.

“Dukungan para penyandang disabilitas akan sangat dibutuhkan mengingat tantangan pembangunan Kota Parepare ini begitu kompleks, mulai dari masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan dan bebagai persoalan lainnya,” ungkap dia.

Di tempat sama, Ketua DPD PPDI Provinsi SulSel, Luffy mengatakan PPDI merupakan payung atau rumah bagi kaum disabilitas untuk bisa menunjukkan eksistensi dan berpartisipasi dengan menjalin kerja sama dengan Pemerintah.

“Lakukan apapun yang kita bisa atau mampui dengan cara melahirkan kreatifitas melalui karya-karya, kemudian tunjukkan kepada masyarakat bahwa kaum disabilitas (PPDI) mampu untuk berkontribusi dalam hal apapun,” pesannya.

Kemudian, Ketua Lingkar Hijau yang juga selaku pendamping dan pemerhati kaum disabilitas, Ikbal Rahim Gani mengungkapkan akan terus melibatkan PPDI dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial.

“Saya adalah Keluarga, saudara, sahabat, dan teman bagi kaum disabilitas. Oleh karena itu, sudah saatnya kaum disabilitas menunjukkan kemampuan dan keahliannya, juga sudah saatnya untuk memberi dan bukan lagi meminta. Saya yakin dengan hadirnya PPDI mampu memberikan semangat bagi teman-teman dan menghilangkan perasaan termarjinalkan yang ada selama ini,” ujarnya.

Adapun hasil dari Muscab tersebut yakni, yang menjadi Ketua terpilih PPDI Kota Parepare yaitu, Andi Afriangga, Sekretatis, Andi Bode, Bendahara, Fitriani.

Sebagai Ketua terpilih Andi Afriangga mengungkapkan apresiasi kepada seluruh jajaran anggota PPDI yang telah mempercayakan dirinya untuk menjalankan roda organisasi PPDI Kota Parepare periode 2024-2029

“Saya berharap kepada teman-teman sekalian dan memohon kerjasamanya untuk selalu aktif dalam berkegiatan. Di masa kepengurusan saya juga akan tetap terus merangkul teman-teman disablitas di luar sana khususnya di Kota Parepare yang belum terdaftar keanggotan PPDI,” tandasnya. (*)


Comment