Keren, Universitas Andi Sudirman Bone Edukasi Warga Melalui Drama Hukum

Keren, Universitas Andi Sudirman Bone Edukasi Warga Melalui Drama Hukum

BONE, BERITA-SULSEL.COM – Ada yang menarik dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andi Sudirman (Uniasman) Bone. Mahasiswa KKN Uniasman Angkatan Kedua yang dibagi ke 7 desa yang berbeda di Kecamatan Ulaweng, diharuskan mempersembahkan sebuah drama singkat tentang hukum.

Wakil Rektor I Uniasman, Gustika Sandra, yang hadir saat pementasan drama hukum posko 6 Desa Jompi e, Sabtu (8/6/24) di halaman rumah Kepala Desa Jompi e, mengatakan bahwa persembahan drama memang menjadi program kerja wajib bagi setiap mahasiswa.


“Drama hukum merupakan program wajib bagi mahasiswa dan mahasiswi KKN Uniasman,yang mana drama hukum ini di sinergikan dengan penyuluhan hukum yang merupakan salah satu bentuk kolaborasi agar penyuluhan hukum lebih menarik untuk ditonton dan masyarakat lebih mudah untuk memahami serta meningkatkan pentingnya kesadaran atau kepatuhan hukum,” terang Gustika.

Setiap posko diminta untuk membina warga desa dan mengedukasi mereka tentang persoalan-persoalan hukum seperti sengketa tanah, KDRT, narkoba dan pernikahan anak dibawah umur, melalui persembahan drama. Drama tersebut kemudian diperankan oleh remaja pelajar ataupun perangkat desa yang ada di wilayah posko masing-masing.

Ketua P2KKN, Muh. Bakri, yang hadir dalam persembahan drama tiap posko, selalu menekankan pentingnya drama tersebut bagi warga desa sebagai pembelajaran ketika menghadapi kasus serupa. Warga juga diberi kesempatan tanya jawab karena mahasiswa menghadirkan pemateri yang memberikan penjelasan usai drama digelar.

“Kesempatan ini bertanya karena ada pemateri disiapkan yang paham betul persoalan yang dibawakan dalam drama, setelah ini akan diperlombakan lagi di tingkat kecamatan, drama paling bagus, itu yang menang,” ujarnya.

Kegiatan KKN mahasiswa Uniasman dilaksanakan selama 44 hari dengan beberapa program wajib diantaranya drama Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum), pengajian, olahraga, program fisik dan penyuluhan hukum. Kegiatan KKN akan ditutup dengan lomba drama hukum, olahraga dan kesenian tingkat posko/desa pada pertengahan Juni nanti. (eka)


Comment