Sahabat LAPOR! Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Gunakan Aplikasi SP4N-LAPOR!

Arifuddin Saeni

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Guna melakukan evaluasi kinerja Sahabat LAPOR! Kabupaten Gowa dalam mendorong peningkatan partipasi masyarakat dalam menggunakan Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa bekerjasama dengan USAID Erat menggelar Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sahabat LAPOR! di Hotel Remcy Panakkukang, Makassar, Kamis (20/6).


Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni mengatakan, kegiatan ini merupakan momen penting bagi Kabupaten Gowa dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Menurutnya SPAN-LAPOR! sebagai sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik berbasis media elektronik telah menjadi salah satu kanal penting bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi keluhan dan pengaduan terkait pelayanan yang mereka terima.

“Dalam era digital seperti saat ini keterbukaan dan ke transparansi dalam pelayanan publik menjadi sangat krusial. Masyarakat tidak hanya menuntut pelayanan yang cepat dan efektif tetapi juga menginginkan adanya keterbukaan informasi dan akuntabilitas dari pihak penyelenggara layanan dan akuntabilitas dari pihak penyelenggara layanan,” katanya.

Arifudin juga menekankan pentingnya fungsi monitoring kinerja penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan aplikasi SP4N-LAPOR! Masyarakat dapat melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi secara langsung dan lebih efisien.

“Ini akan membantu kita dalam memantau kinerja dan memastikan bahwa setiap keluhan atau aspirasi dari masyarakat dapat ditangani dengan cepat dan tepat, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Dhyni Widyasawari Dwiputri mengatakan, mulai tanggal 1 Januari hingga 14 Mei 2024 tercatat ada sebanyak 42 Laporan yang masuk, kemudian dari tanggal 14 Mei hingga 20 Juni 2024 tercatat ada sebanyak 49 Laporan. Sehingga terjadi tren peningkatan laporan melalui aplikasi SP4N-LAPOR! Kabupaten Gowa.

“Jadi totalnya sejak Januari hingga Juni 2024 sudah ada 91 laporan yang masuk di kami, dan ini merupakan kontribusi dari teman-teman Sahabat LAPOR! yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa yang mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk menyampaikan laporan dan aspirasi melalui aplikasi ini,” ungkapnya.

Menurut Dhyni, pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Implementasi Sahabat LAPOR! dilaksanakan untuk membahas kendala yang dihadapi Sahabat LAPOR! Kabupaten Gowa dalam mensosialisasikan aplikasi SP4N-LAPOR! di wilayahnya masing-masing.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyasar adanya potensi peningkatan jumlah pengaduan atau aspirasi atau permintaan informasi melalui aplikasi SP4N-LAPOR! dari sosialisasi yang dilakukan oleh Sahabat LAPOR! di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gowa, Taufiq, PGA Usaid Erat Sulsel, Sarwansah dan Usaid Erat Gowa, Sitti Rohani dan 35 peserta yang berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gowa, Dinas Komunikasi Dan Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, 18 Sahabat LAPOR! Se-Kabupaten Gowa serta Tim USAID Erat.(AF)

Comment