Asni Djamereng, Pembelajaran yang Mencerdaskan dan Mencerahkan

Asni Djamereng
Asni Djamereng

Muhlis
Mahasiswa FDK UIN Alauddin Makassar
Melaporkan dari Makassart

BERITA-SULSEL.COM – Tekad awal seluruh civitas akademika kampus untuk menghadirkan dan mewujudkan proses pembelajaran yang mencerdaskan dan mencerahkan sehingga alumni yang dicetak adalah sosok sarjana dakwah dan komunikasi Islam memiliki kompetensi keilmuan dan akhlakul karimah. Demikian ditegaskan Sekretaris Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (KPI-FDK) UIN Alauddin Makassar, Dra Asni Djamereng MSi di ruang kerjanya, Jumat, 11 Maret 2016.


“Arah kebijakan kurikulum pembelajaran dalam era kekininan yakni senantiasa memadukan teori diperoleh dalam pembelajaran di kelas dengan kunjungan lapangan ke studi radio, studio TVRI dan lembaga penyiaran lainnya guna memberi informasi dan pengetahuan baru akan dunia penyiaran. Mahasiswa tidak hanya menghapal teori, tetapi dibekali pengetahuan praktis di studio,”tandas magister komuikasi PPs-UNHAS ini.

Rangkaian kegiatan pendukung perkuliahan termasuk melakukan kunjungan lapanggan tidak terlepas dari keinginan prodi KPI menyukseskan Visi FDK UIN Alauddin dari kepemimpinan dekan, Dr.H..Abd Rasyid Masri, S.Ag, M.Pd,M.Si, MM menjadi, pusat kajian ilmu dakwah dan komunikasi integratif, transpormatif dan kompetitif tahun 2025.

Menurutnya, misi yang diemban adalah menyelenggarakan pendidikan dakwah dan komunikasi Islam mencerahkan dan mencerdaskan.

Dikalangan dosen dan mahasiswa, Asni termasuk sosok ramah, murah senyum, rendah hati serta pembawaan santai menjadi ciri khas dalam keseharian di kampus baru UIN Samata Gowa Sulsel.

Perempuan asal Soppeng ini menyelesaikan S1 Komunikasi di FISIP Unhas serta Magister Komunikasi PPs-UNHAS. Jauh sebelum bergabung jadi dosen di UIN Alauddin Makassar, kurun waktu lama menjadi pustakawan di kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini.

Pertama kali bergabung jadi dosen UIN Alauddin Makassar tahun 1992 dan di angkat menjadi asisten dosen pada tahun 1994 . Sebelum menjabat sebagai Sekertaris Jurusan, Perempuan yang sering disapa “Bunda Asni” oleh para mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), adalah salah seorang dosen di FDK

Kehadiran Asni di jurusan KPI memberikan warna baru bagi mahasiswa KPI. Selain sosoknya yang ramah tamah. Dia juga peduli dengan kebutuhan para mahasiswa KPI. Tujuannya hanya satu, “yaitu ingin membuat Mahasiswa merasa nyaman dalam proses pembelajaran di UIN, khususnya di jurusan KPI”, ujar editor buku Merangkai Etos Kerja dalam Budaya Kinerja PNS ini.

Asni berpesan kepada seluruh mahasiswa KPI agar membangun eksistensi prodi KPI agar dapat menjadi primadona pendidikan tinggi dakwah dan komunikasi, karena jurusan KPI adalah ruh dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin. Selain itu dia juga berharap agar jurusan KPI dapat menghasilkan alumni ahli tabligh yang berkualitas, kompetitif, profesional dan progress yang baik dengan bingkai akhlakul karimah yang mapan. (*)

Baca Juga

LSBM UIN Alauddin Makassar Gelar Estetika Expo

FDK UIN Alauddin Makassar Buat Tugu Pena

Makassar Pusat Penjualan Buah di Sulsel

Comment