Bebas Visa, Wisatawan Mancanegara Kian Leluasa Berwisata ke Indonesia

Bebas Visa, Wisatawan Mancanegara Kian Leluasa Berwisata ke Indonesia
Bebas Visa, Wisatawan Mancanegara Kian Leluasa Berwisata ke Indonesia

JAKARTA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla, pariwisata Indonesia mendapatkan banyak kesempatan untuk berkembang. Ada begitu banyak kemudahan yang dilakukan demi menggapai devisa negara yang besar. Salah satu gebrakannya adalah memberikan 169 negara bebas visa kunjungan ke Indonesia.

Membebaskan visa ini tentu bertujuan untuk memudahkan wisawatan berkunjung ke Indonesia. Bayangkan saja, sejak 2003 Indonesia hanya memiliki 15 negara bebas visa dengan 9 negara Asia Tenggara dan 6 negara sahabat lainnya. Bebas visa ini tak pernah ditambah.


Melihat celah ini, Jokowi menunjuk Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk mengkaji ulang aturan yang ada di pariwisata Indonesia. Alhasil, kemudian diberlakukan 30 negara tambahan bebas visa pada Juni 2015.

Di tahap kedua, sesuai Perpres 104 Tahun 2015 dilakukan penambahan 75 negara sehingga total penambahan bebas visa menjadi 90 negara. Tak puas sampai di sini, Indonesia kembali menambah jumlah bebas visa untuk tahap ketiga dengan merevisi Perpres 104 Tahun 2015 sehingga totalnya menjadi 169 negara.

“Bebas visa adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan wisatawan mancanegara. Dengan adanya bebas visa diharapkan akan ada tambahan sekitar 1 juta wisman, yang kalau dikonversi ke dolar itu USD1 miliar, karena hitungan 1 wisman sebenarnya USD1.200. Saya main save USD1.000 saja itu USD1 miliar per tahun,” jelas Arief Yahya.

Hal serupa juga diutarakan Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Heru Santoso yang mengatakan bebas visa ke Indonesia adalah kebijakan dari pemerintah pusat untuk menggalakkan sektor wisata di Indonesia.

“Jadi Warga Negara Asing dibebaskan visanya jika ingin berkunjung ke Indonesia, agar kunjungan wisata meningkat,” tegasnya.


Comment