SLB Pakkanrebete Soppeng Genjot Kualitas Guru

Suriadi
Suriadi

SOPPENG, BERITA-SULSEL.COM – Guru adalah unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya pendidikan sangat ditentukan standar kualitas guru.

Untuk memajukan Sekolah Luar Biasa (SLB) Pakkanrebete, Suriadi, selaku kepala sekolah terus meningkatkan kompetensi guru, melalui pelatihan dan worshop. Hal ini dilakukan demi menciptakan tenaga didik yang berkualitas.


Kata dia, meningkatkan kompetensi bagi guru yang mengajar di SLB ada beberapa kompetensi yang harus dipenuhi, demi terciptanya tenaga didik yang baik.

“Ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional. Hal ini dicantumkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen,” kata mantan guru SDLB Maccini Baji Maros ini.

Menurutnya, meningkatkan kualitas guru harus ada langkah konkrit dengan membuat pemetaan standar kompetensi guru dengan berbagai pelatihan, termasuk menyediakan sarana multi media.

“Pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Seperti, pemanfaatan teknologi. Sarana belajar mengajar menjadi faktor penting dalam peningkatan kopetensi guru,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru, jelas Suardi kualitas guru dapat meningkat secara siknifikan.

“Bagaimana pun, pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting. Pendidikan merupakan pergerakan dari kegelapan menuju cahaya,”kata suami Rosmawati ini.

Dalam hal menciptakan tenaga didik yang lebih baik, menurut ayah dua anak ini, seorang tenaga pengajar harus menyampaikan materi dengan jelas dan menarik, sehingga mudah dimengerti peserta didik. Setiap materi harus dikuasai sebelum diterapkan.

Baca Juga

Soppeng Siap Hadapi Penilaian Adipura

RS Latemmamala Soppeng Tambah Ruangan Poliklinik Internal

Samsat Soppeng Konsisten Berantas Pungli

“Pengembangan SDM guru dan tenaga pendidik bertujuan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap individu sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan di sekolah,” tutup kepala sekolah yang baru menjabat beberapa bulan ini.

Biodata Kepsek SLB Pakanrebete.

Nama : Suriadi SP
TTL : Labokong, Kecamatan Donri-donri, 31 Desember 1966.
Istri : Rosmawati SPd

Anak

* Nur Wulandari
* Muh Taufiq Hidayat

Pendidikan

-SD Negeri 38 Labokong
-SMP Muhamadya Watan soppeng
-SMA Muhamadya Watan soppeng
-Sekolah Guruh Pendidikan Luar Biasa
-S1 Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun 2008.

Karir

* Guru SDLB Maccini Baji Maros 1988 – 1993
* Guru di SLB Pakanrebete 2016
* Kepsek SLB Pakanrebete

henrik.

Comment